Pencetus 4 Sehat 5 Sempurna

[ Poorwo Soedarmo ]
 
0
928
Poorwo Soedarmo
Poorwo Soedarmo | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Jakarta 13/3/03: Prof Poorwo Soedarmo, perintis ilmu gizi dan pencetus slogan “Empat Sehat Lima Sempurna” meninggal dalam usia 99 tahun pada hari Kamis 13/3/03 pukul 17.45. Menurut cucunya Tito, Poorwo meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Sejak 11 bulan lalu ia terkena stroke dan sudah beberapa kali keluar-masuk rumah sakit. Disemayamkan di kediamannya Jalan Duren Bangka 11, Jakarta Selatan dan dikebumikan hari Jumat pukul 13.30 di TMP Kalibata, Jakarta, dengan inspektur upacara Menteri Kesehatan Achmad Sujudi.

Dalam seminar tentang hidup sehat dan aktif di usia lanjut, April 1999, sebagaimana disebut Kompas, ia saat itu masih sehat, penuh semangat, dan berjalan tegak. Ketika itu, ia memaparkan rahasia hidup sehatnya, yaitu rajin berolahraga sesuai kemampuan, aktif berkegiatan, serta makan secara sehat dan teratur.

“Prinsipnya, nikmati semua makanan, namun konsumsi secara minimal. Perbanyak sayuran dan buah, sedikit karbohidrat dan hindari lemak,” ungkapnya

Poorwo yang lahir di Malang, 20 Februari 1904, lulus Stovia tahun 1927 dan mendapat ijazah dokter di zaman Jepang dari Ida Gaigako. Ketertarikan pada ilmu gizi dimulai saat belajar di Post Graduate Institute, London (1949), yang dilanjutkan di Institute of Nutrition, Manila (1950). Selanjutnya, ia memperdalam di School of Public Health & Nutrition, Harvard University (1954-1955) dan Institute of Nutritional Sciences, Columbia University (1960). Tahun 1975 Poorwo mendapat doctor honoris causa dalam ilmu kedokteran dari Universitas Indonesia.

Tahun 1954, ia mendirikan Akademi Ahli Diit/Nutritionis. Persatuan Ahli Gizi Indonesia mengangkatnya sebagai “Perintis Ilmu Gizi dan Perintis Utama Pengembangannya di Indonesia” tahun 1969. Atas jasa-jasanya, ayah delapan anak, salah satunya Prof Dr dr Soemarmo Soenarjo Poorwo Soedarmo SpA, ini dianugerahi Bintang Mahaputra Utama (1992) dan piagam penghargaan Ksatria Bakti Husada Kelas I (1993) dari Departemen Kesehatan. e-ti-kps

Data Singkat
Poorwo Soedarmo, Ahli Gizi Indonesia / Pencetus 4 Sehat 5 Sempurna | Ensiklopedi | indonesia, ilmu, perintis, gizi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here