Mantan Ketua PWI Jaya

[ Nasruddin Hars ]
 
0
74
Nasruddin Hars
Nasruddin Hars | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jakarta Raya Nasruddin Hars meninggal dunia dalam usia 62 tahun di Hotel Meligo, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam, sekitar pukul 18.00 Minggu 26 Juni 2005. Menurut keterangan dokter, kemungkinan dia meninggal karena gangguan jantung. Jenazah akan dimakamkan Senin 27 Juni 2005 di tanah kelahirannya, Krueng Mane, Aceh Utara.

Nasruddin berada di Aceh dalam rangka menyalurkan bantuan Media Group kepada para korban bencana gempa bumi dan tsunami. Ia meninggalkan seorang istri Ummi Salma dan seorang anak bernama Chasmunandar PS.

Mantan Pemimpin Redaksi Prioritas dan Angkatan Bersenjata yang lahir pada 1942 ini selain bergelut di dunia jurnalistik, juga aktif dalam pembangunan dan perdamaian di Aceh, baik secara formal maupun informal. Bersama dengan tokoh Aceh lainnya, di antaranya Usman Hasan dan Amran Zamzami, Nasruddin yang tergabung dalam Desk Aceh, berjuang untuk perdamaian di Aceh.

Melalui Prioritas, Nasruddin menyampaikan pikiran-pikiran kritisnya terhadap pemerintah Orde Baru lewat tulisannya dalam rubrik Selamat Pagi Indonesia. Harian itu akhirnya dibredel oleh pemerintah.

Selain pernah menduduki Ketua PWI Jaya periode 1987-1991, ia juga menjabat sebagai ketua penasihat PWI Pusat hingga akhir hayatnya dan juga aktif di Yayasan Malin Putra sebagai sekretaris badan pengurus. Nasruddin juga tercatat sebagai salah satu ketua Ikatan Alumni Lemhanas (IKAL) bersama dengan Ketua Umum KONI Pusat Agum Gumelar. e-ti/tsl

Data Singkat
Nasruddin Hars, Ketua PWI Jaya periode 1987-1991 / Mantan Ketua PWI Jaya | Direktori | Wartawan, PWI, pemred, Lemhannas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here