Sekmil Presiden Megawati dan SBY

[ TB Hasanuddin ]
 
0
149
TB Hasanuddin
TB Hasanuddin | Tokoh.ID

[DIREKTORI] TB Hasanuddin, bernama lengkap Mayjen TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin, SE, MM, lahir di Majalengka, Jawa Barat, 8 September 1952. Anggota DPR/MPR Fraksi PDIP periode 2009-2014 yang juga terpilih untuk periode 2014-2019 dari daerah pemilihan Jawa Barat 9, itu pernah menjabat Sekretaris Militer Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

TB Hasanuddin menjabat Sekmil (Sekretaris Militer) Presiden Megawati tahun 2001-2004. Kemudian, setelah Megawati digantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dia masih sempat menjabat Sekmil beberapa bulan (2004-2005). Sebelumnya, TB Hasanuddin pernah dipercaya menjadi Ajudan Wakil Presiden Tri Sutrisno, 1996 dan Ajudan Presiden BJ. Habibie, 1998-1999. Kemudian, menjabat Kepala Staf GARNISUN Jakarta, 1999-2001, sebelum diangkat Presiden Megawati menjadi Sekretaris Militer.

Setelah pensiun dari dinas militer. TB Hasanuddin melanjutkan pengabdian dalam dunia politik. Dia memilih masuk partai politik (PDI Perjuangan) dan mengikuti Kursus Kader PDI Perjuangan. Dia pun dipercaya menjabat Ketua Departemen Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, sebelum menjabat Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar.

Pada Pemilu 2009, dia terpilih menjadi anggota DPR periode 2009-2014 dari Dapil Jawa Barat IX. Dia pun dipercaya menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan, intelejen, luar negeri da komunikasi. Pada Pemilu 2014, dia juga terpilih kembali dari Dapil yang sama.

Kiprahnya sebagai anggota DPR terbilang aktif. Dia menunjukkan kapasitas yang mumpuni sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan. Seringkali dia memberi pernyataan yang cukup bermakna dalam memengaruhi kebijakan publik pemerintah dan berbagai masalah yang timbul di tengah kehidupan masyarakat dan bangsa.

Kiprahnya sebagai anggota DPR terbilang aktif. Dia menunjukkan kapasitas yang mumpuni sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan. Seringkali dia memberi pernyataan yang cukup bermakna dalam memengaruhi kebijakan publik pemerintah dan berbagai masalah yang timbul di tengah kehidupan masyarakat dan bangsa.

Suami dari Ika Eviolina dan ayah satu orang anak ini adalah lulusan Akabri Darat, 1974. Dia juga tekun mengikuti berbagai latihan kursus dan diklat, di antaranya Suslapa (Jerman dan Inggris), Sesko Perancis, Seskogab Perancis dan Lemhannas 2001. Selain itu, dia juga memperdalam pengetahuan di bidang ekonomi dengan menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 dari STIE Pasundan Bandung.

Selain dengan giat memperdalam pengetahuan, dia juga giat dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan. Di antaranya aktif sebagai Ketua Yayasan Miss Tjitjih, Ketua Umum Paguyuban Warga Banten Jakarta, Ketua Bidang Seni Budaya Yayasan Pembangunan Jabar, Wakil Ketua Umum Dulur Cirebonan, Ketua Dewan Penasehat Persatuan Pencak Silat Gagak Lumayung dan Ketua Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jaya. Semua kegiatan itu telah mempertajam mata hatinya untuk tidak mengenal lelah dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Atas berbagai pengabdiannya, dia telah dianugerahi berbagai penghargaan, di antaranya: Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun, Satya Lencana Dwija Sista, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Penugasan PBB, Santi Dharma Garuda XI, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, dan Bintang Yudha Dharma Nararya. Penulis: TSL | Bio TokohIndonesia.com

Data Singkat
TB Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, 2009-2014 / Sekmil Presiden Megawati dan SBY | Direktori | PDIP, Politisi, Jenderal, TNI, DPR, Sekmil

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here