Waspadai Pemilu 2014

 
0
38
Waspadai Pemilu 2014
Hasyim Muzadi | TokohIndonesia.com

[TOPIK PILIHAN] – PEMILU – TI 8/12/2011 | Mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi mengingatkan Komisi Penyelenggaraan Pemilu (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar mewaspadai tiga hal yakni money politic, abuse of power dan intervensi asing dalam penyelenggaraan pemilu 2014 nanti.

KH. Hasyim Muzadi mengemukakan hal itu dalam acara kumpul politik bertajuk Sarasehan Anak Negeri di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (8/12/2011). Acara itu dihadiri sejumlah tokoh Indonesia antara lain Sutiyoso, Amien Rais, Mahfud MD, Tjahjo Kumolo, dan disiarkan langsung MetroTV.

Perihal money politic, Hasyim Muzadi mengungkapkan pengalamannya. “Dulu saya ingat, saya mengatakan kepada masyarakat, awas ada serangan fajar. Masyarakat malah bilang, oke pak, kami tunggu. Ini berbahaya karena efeknya panjang. Kalau duitnya milik sendiri nanti si pemenang akan minta ganti dengan cara-cara korupsi misalnya,” tutur Hasyim.

Waspadai money politic, abuse of power dan intervensi asing dalam penyelenggaraan pemilu 2014.

Hasyim Muzadi mengingatkan hal yang tak kalah berbahaya adalah abuse of power (penyalahgunaan kekuasaan). “Kalau dana kampanye diperoleh dengan menggerogoti keuangan negara maka penyelewengan kekuasaan ini akan merusak sendi-sendi ekonomi negara,” katanya mengingatkan.

Hal ketiga adalah bahaya intervensi asing dalam penyelenggaraan pemilu 2014 nanti. Hal ini dingatkannya berdasarkan pengalaman ketika dia calon Wapres mendampingi Megawati. Saat itu ada perusahaan asing besar menawarkan dukungan, tetapi ketika hal itu disampaikan kepada Megawati, Megawati menolak dengan mengatakan tidak mau menggadaikan negeri ini kepada asing.

Hasyim Muzadi mengingatkan untuk pemilu yang bersih, semua pemangku kepentingan harus mengedepankan kejujuran. Dia berharap agar penyelenggaraan Pemilu terus diperbaiki, baik undang-undangnya maupun pelaksanaannya secara jujur. Berita TokohIndonesia.com | rbh

© ENSIKONESIA – ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA

 

Tokoh Terkait: Hasyim Muzadi, KH, Sutiyoso, | Kategori: Topik Pilihan – PEMILU | Tags: pemilu

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here