Mantan Panglima ABRI

[ Edi Sudrajat ]
 
0
356
Edi Sudrajat
Edi Sudrajat | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Mantan Panglima ABRI (TNI) dan Menteri Pertahanan dan Keamanan (1993-1998), Jenderal (Purn) Edi Sudradjat (68), meninggal dunia sekitar pukul 13.15, JumatĀ  1 Desember 2006 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. mantan KASAD kelahiran Jambi, 22 April 1938, itu sudah lama menderita sakit dan terakhir dirawat di RSPAD sejak 19 November 2006.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan ini meninggalkan seorang istri, Lulu Lugiyati, serta empat putra. Dimakamkan di TMP Kalibata, Sabtu 2 Desember pukul 10.00. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka, Jalan Darmawangsa VIII/16 A, Jakarta Selatan.

Para tokoh yang datang melayat antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, mantan Kepala Badan Intelijen Negara Hendropriyono, mantan Hakim Agung Benjamin Mangkoedilaga, Jenderal (Purn) Himawan Soetanto, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Widodo AS, danMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Hamid Awaludin.

Edi Sudrajat lahir di Jambi, 22 April 1938, putra ketujuh dari 14 bersaudara pasangan R Momon Wirakusumah dan Ratnaningsih. Dia seorang prajurit lapangan yang andal, berdisiplin dan pekerja keras.

Bersama sejumlah tokoh, di antaranya mantan Wapres Try Sutrisno, dia mendirikan Partai Keadilan dan Persatuan yang kemudian menjadi Partai keadilan dan Persatuan Indonesia. Dalam Munas I PKPI 30 Mei-2 Juni 2005, dalam keadaan sakit dia terpilih kembali secara aklamasi sebagai ketua umum. tsl

Data Singkat
Edi Sudrajat, Menhankam Kabinet Pembangunan VI/Panglima ABRI (TNI), 1993-1998 / Mantan Panglima ABRI | Ensiklopedi | TNI, Panglima, Menteri

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here