Politisi Vokal Golkar

[ Ekky Syachruddin ]
 
0
52
Ekky Syachruddin
Ekky Syachruddin | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Politisi vokal Partai Golkar yang juga mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada, Ekky Syachruddin, meninggal dunia pada pukul 17.45 WIB, Senin 28 Juni 2005 di Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta Timur akibat serangan jantung. Pria kelahiran Pandeglang, Banten, 30 Desember 1939 itu sebelumnya sempat dirawat di RS Pelni Jakarta selama satu minggu. Dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta, usai salat Zuhur Selasa 29 Juni 2005.

Senin pagi, Anggota Dewan Penasihat Partai Golkar ini dipindahkan ke RS Mitra Keluarga untuk menjalani operasi pemasangan alat bantu (kateterisasi).

Pada mulanya, Ekky mengeluh tidak enak badan. Ketika diperiksa dokter, ternyata ada penyumbatan di pembuluh jantung sehingga perlu dilakukan tindakan operasi. Ketika menjalani proses kateterisasi itulah Ekky pingsan dan kemudian meninggal.

Jenazah disemayamkan di rumah duka di Jl G II No 5A, Slipi, Jakarta Barat. Tampak beberapa fungsionaris Golkar, seperti Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Surya Paloh dan Slamet Effendi Yusuf datang melayat.

Ekky yang juga penasihat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) itu meninggalkan seorang istri, Titik Nurhayati, dua anak, yakni Neneng Budiarti dan Jarot Budisantosa, serta dua cucu.

Sebelum diangkat menjadi Dubs RI di Kanada, Ekky menjalani pengalaman kerja yang cukup panjang. Pernah menjadi manajer pemasaran PT Ganesha Jaya (1968-1969), Wartawan The Jakarta Times (1970-1973), Reporter Radio Australia (1972-1974), Kepala Humas Taman Ismail Marzuki (1974-1975), PT Prima Advera (1975-1976), Dirut PT PAN Asia.

Di bidang kegiatan organisasi, dia menjabat Ketua HMI Jakarta dan Ketua Korps Wartawan DPR-RI (1970-1974). Di Partai Golkar, dia pernah menjabat Ketua Departemen Pemenangan Pemilu DPP Golkar (1997-1999). Kemudian menjadi anggota DPR di Komisi XI (Keuangan dan Perencanaan Pembangunan).

Semasa aktif di Komisi XI DPR-RI dia tergolong vokal dan kritis terhadap kebijakan pemerintah dalam bidang fiskal dan moneter. Bahkan dia tidak hanya bersuara vokal terhadap kebijakan pemerintah, melainkan juga pada kebijakan partainya sendiri. e-ti | tsl

Data Singkat
Ekky Syachruddin, Anggota Dewan Penasihat Partai Golkar 2004-2009 / Politisi Vokal Golkar | Ensiklopedi | golkar, Politisi, Wartawan, DPR, Duta Besar, Dirut, HMI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here