Rektor ITB Jadi Menristek

[ Kusmayanto Kadiman ]
 
0
101
Kusmayanto Kadiman
Kusmayanto Kadiman | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Rektor ITB ini merupakan calon menteri kedua yang datang ke Puri Cikeas.  Dia dipercaya menjabat Menristek (menteri riset dan teknologi). Dialognya dengan SBY (15/10/2004), banyak membicarakan masalah penelitian, infrastruktur, telekomunikasi dan tentang usaha meningkatkan mutu pendidikan Indonesia hingga mampu bersaing di tingkat regional.

Di hadapan SBY, dia juga menyatakan kesiapan menjadi menteri. Menurutnya, jabatan menteri adalah suatu amanah yang lebih besar daripada jabatan rektor yang tengah ia pegang. Maka dia pun siap melepas jabatan rektor ITB bila dipercaya SBY menjadi salah seorang menteri dalam kabinetnya.

Dikira Telepon Iseng
Kusmayanto Kadiman datang langsung dari Bandung menggunakan Kijang hitam. Tiba di Cikeas sekitar pukul 14.45 dan langsung dijemput Ervan Edison.

Kepada wartawan seusai bertemu SBY, dia terus terang mengaku kaget dipanggil. “Saya tak menyangka,” kata Rektor ITB itu. Dia pun mengisahkan, sebelum hadir ke Cikeas, tidak pernah menerima surat dari orang-orang SBY maupun SBY sendiri. “Saya baru tahu saat ditelepon pagi tadi,” katanya kepada wartawan, Jumat 15 Oktober 2004.

Dia sempat menganggap telepon undangan wawancara ke Cikeas itu sebagai telepon iseng untuk bercanda. Apalagi telepon masuk itu menggunakan private number. Maka, dia pun sempat menanggapi telepon undangan dari Cikeas itu dengan bercanda.

“Saat saya angkat, saya mendengar suara laki-laki yang mantap dan berat. Setelah mengucapkan selamat pagi, dia bertanya apa yang sedang saya lakukan,” katanya menjelaskan.

Lalu pria berusia 50 tahun ini pun menjawab sekenanya: “Saya sedang mengenakan sepatu.” Sebab dia menganggap penelepon itu wartawan yang mau bercanda. Saat itu, dia memang sedang mengenakan sepatu untuk berangkat ke kampus.

Detik berikutnya, penelepon dari Cikeas itu mengemukakan bahwa dia diundang untuk menghadiri uji kelaikan dan kepatutan calon menteri di Cikeas. Dia diminta datang pukul 15.30. Karena belum menganggap serius, dia jawab saja: “Mimpi kali yee.” Dia menirukan kalimat yang merupakan judul sebuah reality show di televisi.

Namun, penelepon dari Cikeas tersebut berbicara lebih meyakinkan. Si Penelepon itu menyebut namanya. Barulah dia percaya. Bahkan untuk lebih meyakinkan, penelepon (orang dekat SBY) tersebut menanyakan nomor faksimile kediaman rektor ITB itu. “Karena saya jawab tidak punya, maka orang itu membacakan surat pemanggilan saya untuk mengikuti ujian ini,” terangnya. mlp

Data Singkat
Kusmayanto Kadiman, Menteri Negara Riset dan Teknologi/Kepala BPPT (2004-2009) / Rektor ITB Jadi Menristek | Ensiklopedi | ITB, Pejabat, Menristek, Menteri, Dosen, Rektor, KIB

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here