Cagub Sumut Peduli Pertanian

[ Robert Edison Siahaan ]
 
0
71
Robert Edison
Robert Edison | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Ir. Robert Edison Siahaan yang saat ini menjabat Walikota Pematangsiantar, Sumatera Utara, diunggulkan memenangi Pilgub Sumut, 16 April 2008. Dia berpasangan dengan H. Suherdi, Ketua Pujakesuma (Putera Jawa Kelahiran Sumatera), Sumut. Pasangan bernomor urut 3 (tiga) ini didukung delapan Parpol, yakni PDS, PKB, PPIB, Partai Persatuan Daerah, PNI Marhaenisme, PBSD, Partai Pelopor dan PNBK.

Dalam pencalonannya sebagai Gubernur Sumatera Utara, RE Siahaan dan H. Suherdi, mengedepankan misi “Empati Kemiskinan Sumut dengan Pemberdayaan Pertanian.” RE Siahaan, lulusan Institut Pertanian Bogor (1982), sebelum menjabat Walikota Pematang Siantar, menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Simalungun (2001 – 2005).

Pada 1984 – 1987 menjabat Kepala Cabang VI Dinas Perkebunan Propinsi Dati I Sumatera Utara di Siborong-borong. Tahun 1994 – 1995 Kepala Cabang V Dinas Perkebunan Propinsi Dati I Sumatera Utara di Sidikalang. Tahun 1995 – 2001 Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Simalungun

Da menjabat walikota sejak tanggal 25 Agustus 2005 berpasangan dengan Drs Imal Raya Harahap sebagai wakil walikota.

Karena diyakini mengedepankan pembangunan pertanian dan juga memiliki keahlian di bidang pertanian, pasangan RE Siahaan dan H. Suherdi ini diperkirakan akan mendapat dukungan luas dari kalangan petani.

Sebagaimana dikemukakan Ketua dan Sekretaris PKB Karo, Abadi Depari dan Anwar Sadat Bangun S.Sos, Cagubsu RE Siahaan-H Suherdi pada Pilgubsu akan memperoleh kemenangan signifikan karena diyakini akan dipilih masyarakat Sumut yang umumnya petani. “Khususnya di Kabupaten Karo yang mayoritas petani dipastikan memilih RE Siahaan yang memiliki keahlian di bidang pertanian,” ujar Abadi Depari.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara menetapkan masa kampanye Pilgubsu dimulai 30 Maret hingga 12 April 2008. Masa tenang 13, 14 dan 15 April 2008. Kemudian pada 16 April 2008 masyarakat Sumut menggunakan hak pilihnya untuk menentukan Gubernur-Wakil Gubernur Sumut periode 2008-2013.

Pasangan Cagub-Cawagub yang bersaing dalam Pilgubusu ini adalah HM Ali Umri SH.MKn dan DR H Maratua Simanjuntak nomor urut satu. Tritamtomo SH dan DR Ir Sahala Benny Pasaribu MEc, nomor urut dua. Ir Robert Edison Siahaan dan H Suherdi, nomor urut tiga. H Abdul Wahab Dalimunthe SH dan HM Syafei SH MHum, nomor urut empat. H Syamsul Arifin SE dan Gatot Pujonugroho ST, nomor urut lima. TI/Doan Adikara Pudan

Data Singkat
Robert Edison, Walikota Pematangsiantar / Cagub Sumut Peduli Pertanian | Direktori | Walikota, Pemda

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here