Dukung Angket DPT, Dipecat

[ Ahmad Effendi Choirie ]
 
0
28
Ahmad Effendi Choirie
Ahmad Effendi Choirie | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Politisi Partai Kebangkitan Bangsa yang vokal dan punya integritas. Namun malah dipecat sebagai Ketua Fraksi PKB DPR karena pria yang akrab disapa Gus Choi, itu memimpin FKB mendukung angket kecurangan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009 usulan FPDIP yang ditolak FPD dan FPKS.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang berkoalisi dengan pemerintahan SBY dan membawa kembali gerbong PKB berkoalisi dengan Partai Demokrat mengusung SBY-Boediono sebagai Capres-Cawapres Pilpres 2009, mengambil tindakan memecat Gus Choi, 1 Juni 2009. Dia dianggap tidak mampu memanage anggota fraksi dengan baik. Apalagi Partai Demokrat juga menyatakan ketidaksenangannya atas sikap FKB mendukung hak angket itu.

Namun Gus Choi berpandangan bahwa kecurangan daftar pemilih tetap (DPT) bukan urusan koalisi. Kisruh DPT adalah urusan hak rakyat yang dicurangi dan harus dibela. “Jangan mentang-mentang kita berkoalisi jadi bisa mengatur seenaknya. Masak dari ujung rambut sampai kaki kita serahkan kepada mereka. Masak hati dan pikiran kita juga serahkan kepada mereka. Itu namanya ngawur!” kata Gus Choi yang keberatan dengan reaksi FPD.

Sekjen DPP PKB Lukman Edy, tangan kanan Muhaimin mengatakan pencopotan Gus Choi tak terkait dengan dukungan FKB atas hak angket DPT. “FKB perlu penyegaran. Gus Choi sudah dua tahun memimpin fraksi,” katanya. Menurut Edy, rencana penyegaran itu juga sudah berlangsung lama, namun baru diresmikan Senin 1 Juni 2009ini.

DPP PKB menunjuk kembali Ida Fauziyah sebagai Ketua FKB menggantikan Gus Choi. Sebelumnya, Gus Choi yang menggantikan Ida saat Ida dilengserkan. Gus Choi diangkat menjadi anggota penasihat FKB. e-ti

Data Singkat
Ahmad Effendi Choirie, Anggota DPR (2004-2014) / Dukung Angket DPT, Dipecat | Direktori | PKB, Politisi, Unpad, DPR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here