Ingin Jadikan PAN Partai Modern

[ Didik J Rachbini ]
 
0
40
Didik J Rachbini
Didik J Rachbini | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Didik J Rachbini mendeklarasikan kesediaannya untuk maju sebagai kandidat ketua umum PAN dalam Kongres II PAN di Semarang, April 2005. Pakar ekonomi yang guru besar Universitas Indonesia ini mengemukakan lima misi yang akan diwujudkannya dalam memimpin PAN.

Pada deklarasi yang berlangsung di Jakarta, Rabu (26/1/05) itu, dia didampingi tokoh PAN lainnya, Miranty Abidin, Sekretaris Majelis Pertimbangan Partai DPP PAN Purwanto, dan Ketua DPP PAN Suwardi.

Deklarasi itu diputuskan setelah melalui proses politik panjang, komunikasi ke daerah dan silaturahmi yang lebih luas. Sejumlah DPW dan DPD PAN juga sudah menyatakan dukungan, kendati dia belum mau mengklaim jumlah daerah yang menyatakan dukungan.

Didik mengemukakan lima misi yang akan diwujudkannya dalam memimpin PAN. Misi itu adalah membangun sistem organisasi yang modern dengan kelembagaan yang kuat, membangun kepemimpinan efektif dan sifat kolektif, sistem pengkaderan yang baik, menyatukan partai dengan rakyat, dan memenangkan pemilu.

Didik ingin Partai Amanat Nasional kedepan harus bisa menjadi partai modern dengan organisasi kepartaian yang rapi. Penataan organisasi kepartaian dan meningkatkan kerja politik diharapkan mendekatkan PAN dengan rakyat.

Untuk menjadi partai modern, menurut Didik, politik kepartaian PAN harus dibenahi. Bukan saja organisasinya yang harus dibenahi, tetapi juga budaya di partai, dan model kepemimpinan agar tidak lagi feodalistik.

Kedepan, menurut Didik, Partai Amanat Nasional (PAN) harus bisa menjadi partai pilihan rakyat, dan bisa berkuasa dalam pemerintahan dan parlemen yang sehat dan bersih. “Selain, PAN komit pada reformasi dan tetap jadi simbol reformasi. Tidak heran jika obyek yang diserang adalah persoalan kebersihan, KKN, dan good goverment. Sehingga, visi tentang kebersihan harus tetap akan menonjol dan kuat,” ujarnya.

Menjelang pelaksanaan kongres, Didik mengaku mendengar adanya indikasi politik uang yang dilakukan bakal calon tertentu. Ia berjanji akan membuka praktik itu kepada pers apabila menemukan data-data valid. e-ti | tsl

Data Singkat
Didik J Rachbini, Politisi, Pakar Ekonomi / Ingin Jadikan PAN Partai Modern | Direktori | Politisi, IPB, ICMI, Dosen, Unas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here