Peringatan Lahirnya Pancasila di Al-Zaytun

 
0
35

Peringatan Lahirnya Pancasila di Al-Zaytun

[NASIONAL] – Pancasila Akan Dihadiri Menag, Menkumham, Mendagri, Jaksa Agung dan Kapolri – TI, Jakarta 25/5/2011: Menteri Agama Suryadharma Ali akan menghadiri peringatan hari kelahiran Pancasila, 1 Juni 2011 di Ma’had Al-Zaytun. “Peringatan ini juga akan dihadiri Jaksa Agung, Kapolri, Menkumham, Mendagri,” kata Menag kepada wartawan, Rabu (25/5/2011) seusai menerima Syaykh Al-Zaytun Panji Gumilang di ruang kerjanya. “Insya Allah saya akan hadir, kegiatan ini inisiatif dari Panji Gumilang,” ujar Suryadharma Ali sebagaimana dilansir situs Kementerian Agama (kemenag.go.id).

Kegiatan menghadiri acara peringatan lahirnya Pancasila itu merupakan kunjungan kedua Menteri Agama Suryadharma Ali ke Al-zaytun. Sebelumnya, Rabu (11/5/2011) Menteri Agama Suryadharma Ali telah berkunjung ke Ponpes Al Zaytun yang berlokasi di Gantar, Mekarjaya, Haurgelis, Indramayu, Jawa Barat.

“Ini positif kan,” kata Menag kepada wartawan. Menag juga menyatakan bahwa pendidikan multikultural diperlukan bagi peserta didik, karena Indonesia merupakan yang majemuk beragam agama, suku dan adat istiadat. “Pendidikan multikutural perlu, kita hidup diatas perbedaan,” ujarnya. Suryadharma Ali juga menjelaskan makna multikultural sebagai sebuah perbedaan. “Karena ada perbedaan maka ada multikultural, tentu diperlukan kerukunan, diperlukan toleransi,” katanya. Menurut Menag, perbedaan itu ciptaan Tuhan, siapa yang mengabaikan maka mengabaikan Tuhan, dia tidak mengakui Tuhan.

Menag menjelaskan adanya suku di Papua, suku di Jawa bukan bentuk ciptaan manusia, tapi karena kehendak Tuhan, sehingga muncul pepatah di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung, kita tidak boleh menghina apa yang diagungkan mereka.

Informasi yang diperoleh TokohIndonesia.com dari Ketua Panitia Nawawi bahwa peringatan 1 Juni (Hari Lahir Pancasila) itu juga dirangkaikan dengan acara Starting Day Organisasi Kemasyarakatan Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) yang dipimpin Syaykh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang. Acara itu dimulai pukul 10.00 Wib di Kampus Al-Zaytun, Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Indramayu. Berita TokohIndonesia.com | rbh

© ENSIKONESIA – ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA

Tokoh Terkait: Suryadharma Ali, | Kategori: Nasional – Pancasila | Tags: Pancasila

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here