Aktor ‘Si Buta dari Gua Hantu’

[ Maruli Sitompul ]
 
0
133
Maruli Sitompul
Maruli Sitompul | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Maruli Sitompul seorang aktor film senior berdarah Batak kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, 21 Desember 1937. Aktor bernama lengkap Hisar Sahat Maruli Sitompul,  ini telah membintangi puluhan film selama kurun waktu 1963 -1984 di antaranya film ‘Si Buta dari Gua Hantu’ dan ‘Laki-laki dari Nusakambangan’ yang memberinya penghargaan sebagai Aktor Terbaik FFI 1981.

Dia seorang aktor film Indonesia ternama, baik film laga maupun film drama. Suaranya yang bagus (khas, berdarah Batak tapi berdialek Jawa ) dan sosoknya yang berwibawa menjadikannya seorang bintang yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penontonnya.

Dia memang lahir di Cilacap, Jawa Tengah. Kemudian dibesarkan di Ponorogo, mengikuti kepindahan ayahnya. Ayahnya ingin agar dia masuk sekolah pendeta. Tapi setamat dari SMA, Maruli malah memilih Sekolah Musik Indonesia. Sebelum selesai, Maruli pindah ke Akademi Seni Drama dan Film Indonesia (Asdrafi) di Yogyakarta.

Dari catatan Buku Apa&Siapa Sejumlah Orang Indonesia 1981-1982, rupanya di situlah awal ia terjun ke dunia film. Ketika itu keadaan ekonomi keluarga sedang tak seberapa cerah. Di samping membiayai hidupnya sendiri, Maruli merasa bertanggung jawab pula atas seorang adik yang masih berkuliah. Sementara itu, Sundjoto Adibroto sedang mencari-cari pemain untuk film yang akan disutradarainya, Tangan-tangan yang Kotor tahun 1963, Maruli melamar jadi pemain dan langsung diterima. Inilah film pertamanya.

Kemudian bersama Sanggar Bambu 59, Maruli aktif dalam kegiatan drama dan ikut pementasan keliling. Pada tahun 1966, dia muncul dalam film dokumenter keluaran Departemen Penerangan, Gugur Daun Kembali Bersemi. Permainannya yang menonjol dalam film Si Buta dari Gua Hantu tahun 1970, yang mengantar Maruli meraih gelar Aktor Harapan Terbaik pada pemilihan Best Actor/Actrees PWI Jaya tahun 1971. Maruli juga menerima gelar Aktor Terbaik II di FFI tahun 1979, Aktor Terbaik FFI 1981 (Film: Laki-laki dari Nusakambangan) dan Aktor Pendukung Terbaik FFI 1982 (dalam film Bawalah Aku Pergi). ti/doan adikara, dari berbagai sumber

Referensi:
1)www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/marulisitompul.html
2)Apa&Siapa Sejumlah Orang Indonesia 981-1982

Data Singkat
Maruli Sitompul, Aktor Film / Aktor ‘Si Buta dari Gua Hantu’ | Ensiklopedi | film, aktor

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here