Ketua DPA Terakhir

[ Achmad Tirtosudiro ]
 
0
118
Achmat Tirtosudiro
Achmad Tirtosudiro | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] OBITUARI: Letnan Jenderal (Purn) Achmad Tirtosudiro, Ketua Dewan Pertimbangan Agung terakhir (dilikuidasi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 135 /M/ 2003 pada tanggal 31 Juli 2003), yang juga salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), meninggal dunia, Rabu 9 Maret 2011 dini hari, sekitar pukul 00.15 WIB di rumahnya di Jalan Uranus IV/5, Villa Cinere, Depok, Jawa Barat.

Mantan Ketua Harian ICMI (1997-2000) kelahiran Purwakarta, Jabar, 8 April 1922, itu dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu 9 Maret 2011, dengan upacara militer dipimpin Panglima Kostrad Letjen Pramono Edhi Wibowo.

Mantan Kepala Bulog itu meninggal dengan tenang di antara anak-anak dan cucunya, setelah lama mengidap penyakit komplikasi dan pernah kena stroke. “Bapak sudah lama sakit dan setahun terakhir, kesehatannya menurun sekali,” kata Djuwandi Tirtosudiro, anak kedua almarhum. Mantan Presiden BJ Habibie yang hadir pada upacara pemakaman mengungkapkan kedekatannya dengan Tirtosudiro. Dia salah seorang yang berperan penting mendampingi BJ Habibie terutama saat akan dan baru menjabat Presiden RI menggantikan Soeharto.

“Beliau yang membantu saya langsung secara struktural, khususnya sebagai ketua DPA, beliau banyak memberi saran kepada saya dalam kapasitas sebagai presiden sekaligus wakil presiden yang menghadapi masalah,” kata BJ Habibie. Habibie mengungkapkan Tirtosudiro juga ikut mendampinginya ketika pertanggungjawabannya sebagai presiden ditolak MPR. “Waktu saya tidak bersedia dicalonkan kembali karena pertanggungjawaban saya tidak diterima, beliau yang sangat sedih. Bagi beliau, itu sesuatu yang salah karena sebenarnya pencalonan itu sesuatu yang sudah dipersiapkan lama,” ungkap Habibie. Bio TokohIndonesia.com | crs

Data Singkat
Achmat Tirtosudiro, Ketua DPA Terakhir / Ketua DPA Terakhir | Ensiklopedi | Jenderal, ICMI, bulog, DPA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here