Ketua Muda Agama MA

[ Andi Syamsu Alam ]
 
0
54
Andi Syamsu Alam
Andi Syamsu Alam | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Ketua Muda Agama Mahkamah Agung RI, kelahiran 1 Februari 1945 ini, menjabat Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sulawesi Selatan sebelum menjadi hakim agung. Jabatan itu dipegangnya sejak 1996. Dia alumnus Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alaudin Makassar (1973), dan Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar (1986) dan Program Magister Hukum Program Pascasarjana (PPS) UMI, sejak 1999.

Suami dari Hj Andi Wahidah dan ayah enam anak ini, juga pernah mengajar di sejumlah perguruan tinggi dan aktif di beberapa organisasi, di antaranya Majelis Ulama Indonesia dan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia.

Kekayaannya, sebelum menjabat hakim agung, banyak berbentuk tambak (tiga lokal), kebun (satu lokal), maupun sawah (tiga lokal), dan rumah (tiga lokal), yang sebagian besar warisan orangtua. Jumlah total luasnya sekitar sembilan hektar. Hanya dua dari tiga rumahnya yang diperolehnya dari kredit pemilikan rumah (KPR). Selain itu, kekayaan lain adalah sebuah mobil Toyota Kijang dan sebuah sepeda motor Yamaha tahun 1993. e-ti/kps

Data Singkat
Andi Syamsu Alam, Mantan Hakim Agung / Ketua Muda Agama MA | Ensiklopedi | hakim agung, hakim, pengadilan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here