Nakhoda Klinik Pratama Millennium Sehat

Hadi Purnomo Halim
 
0
332
Dr. Hadi Purnomo Halim saat menerima penghargaan Platinum Indonesia 2013
Dr. Hadi Purnomo Halim saat menerima penghargaan Platinum Indonesia 2013 untuk Kategori Profesional Terbaik dari Pusat Rekor Indonesia

Dr. Hadi Purnomo Halim adalah potret dokter sekaligus pengusaha sukses. Peraih penghargaan Platinum Indonesia 2013 dan 2015 untuk Kategori Profesional Terbaik dari Pusat Rekor Indonesia ini, berhasil membesarkan klinik Pratama Millennium Sehat di Pulogebang, Jaktim yang dia dirikan sejak 24 Oktober 2000. Salah satu buktinya, klinik tersebut sudah berakreditasi Paripurna sejak 2019, akreditasi tertinggi dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di klinik.

Pria kelahiran Batu, Malang, Jatim, 14 Juni 1971 ini merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara (4 perempuan, 5 laki-laki). Sang ibu tercinta menginginkan Hadi muda menjadi seorang dokter karena saudara-saudaranya yang lain sudah memilih profesi-profesi lain.

Harapan Sang Ibu akhirnya terpenuhi setelah pria bermotto ‘Be the best in every situation & believe in God’ ini lulus dari Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya tahun 1990. Setamat kuliah, Dr. Hadi, begitu dia biasa disapa, bekerja di beberapa tempat. Setelah beberapa tahun bekerja, jiwa entrepreneurnya meronta. Dia merasa terpanggil untuk membuka klinik sendiri.

Akhirnya, setelah lewat berbagai pertimbangan dan pergumulan, Dr. Hadi Purnomo Halim membuka klinik Millennium Sehat pada 24 Oktober 2000 dengan membeli satu ruko di Jl. Raya Pulogebang No. 43 G-H, Cakung, Jaktim, 13950. Dari sinilah asal muasal kata ‘Millennium’, karena kliniknya itu berdiri di tahun 2000.

Akreditasi Paripurna Klinik Pratama Millennium Sehat
Akreditasi Paripurna Klinik Pratama Millennium Sehat

Empat saudara laki-lakinya kemudian menjadi investor dan membantu mendirikan klinik Millennium Sehat. Hingga sekarang, mereka tetap konsisten memberikan dukungan dalam mengembangkan klinik. Termasuk saat merenovasi klinik secara besar-besaran di tahun 2019 dan 2023.

Dr. Hadi Purnomo Halim mengatakan bahwa visi Klinik Pratama Millennium Sehat adalah menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu. Sedangkan misinya adalah: 1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan profesional dengan mengutamakan keselamatan pasien ; 2. Memberikan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada kecepatan, ketepatan, keselamatan, dan kenyamanan berlandaskan etika dan profesionalisme ; 3. Mengembangkan sarana dan prasarana yang mengutamakan kualitas pelayanan.

Pada tahun 2000 itu, sebagaimana halnya klinik baru, belum banyak pasien yang datang. Dengan didukung oleh 3 dokter dan 2 perawat, klinik Millennium Sehat hanya melayani 10-15 pasien setiap harinya. Itupun pasien-pasien yang datang kebanyakan dari sekitar klinik dan punya riwayat pengguna narkoba. Klinik buka jam 8.00 pagi dan tutup jam 8 malam.

Agar masyarakat sekitar bisa mengenal klinik Millennium Sehat, Dr. Hadi Purnomo Halim melakukan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian sembako dengan menjalin kerjasama dengan RT/RW. Namun, jumlah pasien klinik tidak bertambah signifikan.

Ayah 2 orang anak ini kemudian melakukan ekspansi usaha dengan membeli satu ruko lagi, di sebelah ruko yang lama di tahun 2005. Jumlah pasien tetap tidak bertambah signifikan, hanya sekitar 30-an orang setiap harinya. Perawat menjadi 6 orang dan dokter tetap 3 orang.

Pada tahun 2008, Dr. Hadi Purnomo Halim melakukan renovasi sehingga dua ruko itu menjadi satu bangunan klinik dengan tiga lantai. Jumlah pasien saat itu sekitar 40-an orang setiap hari.

Advertisement

Berkat ketekunan dan mental tidak mudah menyerah, jumlah pasien di klinik Millennium Sehat perlahan-lahan bertambah. Pada 2019, pasien klinik Millennium Sehat sudah tembus 80 orang lebih setiap harinya, lalu meningkat rata-rata 100 pasien setiap hari di tahun 2023. Didukung oleh 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 14 tenaga kesehatan (perawat, apoteker, asisten apoteker, dan analis), dan 2 tenaga non kesehatan. Jam tutup klinik yang sebelumnya tutup jam 8 malam, menjadi tutup jam 10 malam. Klinik buka setiap hari tidak mengenal tanggal merah.

Klinik Pratama Millennium Sehat juga sudah menerima pasien BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta menjalin kerjasama (faskes rujukan) dengan lima rumah sakit yaitu RS Premier Jatinegara, RS Islam Pondok Kopi, RS Ananda Bekasi, RS Omni Pulomas, dan RS Citra Harapan Bekasi.

Di sisi lain, masih banyak impian yang ingin diwujudkan oleh pria penyuka olahraga badminton ini. Dr. Hadi Purnomo Halim ingin meningkatkan pelayanan dan fasilitas klinik seperti USG, Rontgen, dan sebagainya. Dia ingin klinik Pratama Millennium Sehat terus konsisten memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih luas di masyarakat.

Sebagai seorang pribadi yang terus belajar, suami dari Yuliana Lukas ini rutin mengikuti berbagai seminar kesehatan dan bisnis. Dia menyadari betul bahwa zaman telah berubah. Itulah sebabnya, fasilitas-fasilitas di klinik mulai memanfaatkan teknologi agar pelayanan klinik bisa semakin optimal.

Dr. Hadi Purnomo Halim juga selalu berusaha untuk membangun kekompakan di antara tim dokter, perawat dan staf. Pria murah senyum ini sudah menyiapkan pos pengeluaran untuk kegiatan gathering, lomba 17-an, makan bersama, buka puasa bersama, nonton bareng dan sebagainya. Tim klinik Millennium Sehat juga diberikan beberapa fasilitas untuk mengisi waktu senggang. Misalnya bermain tenis meja di lantai 4 klinik. (TokohIndonesia.com/Atur Lorielcide)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini