Pendiri Maspion Group

[ Alim Husin ]
 
0
1122
Alim Husin
Alim Husin | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Alim Husin, pendiri Maspion Group, pengusaha senior Jawa Timur, ini meninggal dunia dalam usia 83 tahun di Kota Fu Jing, Provinsi Fuzho, China, Minggu 19 Oktober 2003 pukul 08.45 waktu setempat atau 07.45 WIB. Mendiang dimakamkan di Indonesia. Alim Husin meninggal karena penyakit gagal ginjal yang dideritanya sejak lima tahun terakhir. Sebelum meninggal, ia empat bulan menjalani terapi cuci darah dua hari sekali di rumah sakit yang menyediakan terapi tradisional dan modern di Fu Jing.

Alim Husin meninggalkan empat orang putra, satu putri, 23 cucu, serta satu cicit. Putra-putrinya adalah Alim Husin adalah Alim Markus, Alim Mulia Sastra, Alim Puspita, Alim Satria, dan Alim Prakasa. Kelima anaknya menjadi direksi dan menguasai 90 persen saham Maspion Group. Sisa 10 persen dimiliki keluarga Gunardi.

Di kalangan pelaku bisnis nasional, khususnya Jawa Timur, nama Alim Husin sangat dihormati. Dikutip dari Berita Maspion –media intern Maspion–Alim Husin saat berusia 19 tahun meninggalkan desa kelahirannya, Desa Xi Jiang, Kecamatan Gao Shan, Kota Fuqing, Provinsi Fujian, China. Dia mengarungi lautan selma 40 hari untuk merintis usaha pertama berjualan kain di Kota Pasuruan.

Setelah melalui kerja yang sangat keras, pada tahun 1954 Alim Husin muda merintis perusahaan pengolahan logam yang menjadi cikal bakal Maspion yaitu CV Hen Chiang. Perusahaan yang pada awalnya memproduk lampu teplok dan hanya mempekerjakan 12 orang itu terus membesar sampai pada tahun 1971 diresmikan sebagai PT Maspion Plastic and Metal Industry.

Kemudian di tangan putra sulungnya, Alim Markus yang dipilih sebagai president director Maspion Group telah menjelma menjadi perusahaan raksasa dengan aset ratusan juta US dolar dan mempekerjakan 30.000-an karyawan. Lewat puluhan anak perusahaan dan enam belas perusahaan yang memiliki hubungan istimewa dengannya, Maspion telah menjadi raksasa bisnis produksi alat rumah tangga, kesehatan (Maspion Medika), properti ritel (Maspion Square), ritel (Maspion Bazaar), restoran, kawasan industri, dan perbankan (Bank Maspion).

Data Singkat
Alim Husin, Pendiri Maspion Group / Pendiri Maspion Group | Ensiklopedi | CEO, Pengusaha, Dirut, taipan, tionghoa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here