Politisi dan Peneliti Senior

[ Jusuf Wanandi ]
 
0
68
Jusuf Wanandi
Jusuf Wanandi | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Pendiri dan Anggota Dewan Penyantun CSIS, ini lama menjabat Direktur Eksekutif CSIS, sebuah lembaga pemikir yang berperan melahirkan berbagai gagasan yang menjadi kebijakan pemerintah pada awal kekuasaan orde baru hinga pertengahan tahun 80-an.  Saat mahasiswa, ia dikenal sebagai tokoh organisasi ekstrauniversiter, PMKRI. Pada mulanya, ia mengurusi ‘bidang olah raga dan kesejahteraan mahasiswa, bukan politik. Bahkan sama sekali ia belum terpikir untuk menjadi politisi.

Lalu sejak 1984, ia menjadi gubernur EastwWest Centre di Hawaii, AS. Kemudian ia turut berperanan dalam gerakan penumbangan Orde Lama, yang membuatnya terjun ke gelanggang politik. Ia pun menjadi dekat bahkan menjadi asisten Ali Moertopo kala menjabat asisten pribadi Presiden Seoharto yang kemudian menjabat menteri penerangan.

Pada pemilihan umum pertama sesudah Orde Baru, 1971, Jusuf aktif dalam Badan Pengendali Pemilu (Bapilu) Golkar. Kemudian ia menjabat wakil sekjen DPP Golkar. Pada masa itu pula ia bersama beberapa tokoh lainnya mendirikan Centre for Strategic and International Studies (CSIS), yang diprakarsai Ali Moertopo. Ia lama menjabat direktur eksekutif CSIS dan terakhir menjadi anggota Dewan Penyantun. Sementara di DPP Golkar sempat memimpin Departemen Luar Negeri.

Putera bangsa kelahiran Sawahlunto, Sumatera Barat, 15 November 1937 bernama asli Liem Bian Kie. Putera seorang pedagang dan pemilik Apotek Kinol di Padang, Sumatera Barat. Sang Ayang mengharapkannya untuk meneruskan mengelola usaha itu. Tetapi, ia bercita-cita menjadi profesor.

Setelah tamat SMP di Padang, abang Sofjan Wanandi, ini melanjut ke SMA Kanisius, Jakarta, lalu masuk Fakultas Hukum & Ilmu Kemasyarakatan UI (kini FH-UI), tamat 1960. Ia pun sempat menjadi guru SMA Kanisius dan asisten dosen FH IPK UI.

Pengamat politik luar negeri ini banyak menulis di berbagai media massa, termasuk Newsweek, Far Eastern Economic Review, dan Asian Survey. Ia banyak mengulas gagasan kerja sama ekonomi di antara negara-negara kawasan Pasifik. Bio TokohIndonesia.com | crs

Data Singkat
Jusuf Wanandi, Pendiri dan Penyantun CSIS / Politisi dan Peneliti Senior | Ensiklopedi | MPR, UI, csis

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here