BIN Ada di Mana-mana

[ Thony Saut Situmorang ]
 
0
110
Saut Situmorang
Saut Situmorang | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Badan Intelijen Negara atau BIN ada di mana-mana. Hal ini sesuai dengan filosofi BIN, yaitu jika ada sebuah pintu, ada angin di sana, maka di sana ada BIN. Hal itu dikemukakan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Saut Situmorang, yang selain bertugas di BIN juga menjadi dosen di Universitas Indonesia.

Pernyataan ini muncul saat para calon pimpinan KPK diwawancara secara terbuka oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (5/9/2007). Saut yang sudah 20 tahun bekerja di BIN dan mendalami komponen strategis telah mendapat penghargaan dari Presiden 17 Agustus 2007.

Sekretaris Pansel Gunawan Hadisusilo menanyakan kepada Saut tentang kecurigaan masyarakat atas penyusupan karena ia berasal dari BIN.

Saud menjawab: “Jadi, kalau (misalnya) hari ini saya di Belawan mengamati pukat yang menekan nelayan kecil, nanti malam saya sudah bicara dengan gubernur soal bagaimana Ketua Golkar hari ini. Besok saya sudah berada di depan Gedung DPRD mencatat sejumlah poster yang disampaikan orang.”

Saut yakin, akumulasi komponen strategis selama 20 tahun yang ia peroleh bisa membantunya menangani korupsi. “Walaupun ada penilaian BIN dicurigai melakukan penyusupan, ya memang itu BIN, harus ada di mana-mana. Filosofinya, di situ ada pintu, ada angin, maka ada kami,” kata Saut, dosen S2 Kajian Strategik Intelijen Universitas Indonesia (UI) ini.

Anggota Pansel lainnya, Daniel Sparingga, menanyakan motif Saut melamar jadi pimpinan KPK. “Apakah Anda melamar karena Anda saat ini belajar manajemen strategis atau karena Anda BIN, atau Anda punya obsesi pribadi?”

Saut menjawab dengan sangat taktis: “Kalau sekelompok tikus yang terancam pada awalnya oleh seekor kucing, maka tikus-tikus itu bersepakat menggantungkan lonceng di leher si kucing supaya tahu ke mana kucing pergi dan tikus-tikus itu selamat. Persoalannya, siapa yang harus menggantungkan lonceng di leher kucing dengan risiko dicakar. We have to do something. Saya hanya bisa menjawab itu, saya harus melakukan itu.”

Saut yang juga tercatat sebagai Direktur PT Indonesia Cipta Investama, dipertanyakan Ichlasul Amal, anggota Pansel. Perihal ini Saut mengatakan, perusahaan itu sebenarnya hanya untuk tutup (cover, penyamaran) saja. Tidak ada proyek yang ditanganinya. e-ti | tsl

Data Singkat
Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK, 2015-2019 / BIN Ada di Mana-mana | Direktori | Dosen, UI, pengamat, BIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here