Buku Adalah Kekayaannya

[ Mudji Sutrisno ]
 
0
88
Mudji Sutrisno
Mudji Sutrisno | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Andaikata Anda bertanya berapa kekayaan Dr. FX Mudji Sutrisno, sebuah jawaban praktis akan Anda terima. Romo Mudji atau mas Mudji, akan menyodorkan sebuah buku, bukan buku daftar kekayaan, melainkan buku yang berisi catatan judul buku yang dimilikinya. “Inilah kekayaan saya,” papar dosen STF Driyarkara, Jakarta ini. Sebagai penggembala umat, praktis sebagian terbesar penghasilannya diserahkan ke gereja.

Ia terpilih menjadi salah seorang anggota Komisi Pemilihan Umum. Namun, karena tidak bisa merangkap tugas sebagai dosen, ia bersama Imam Budidarmawan Prasodjo, memilih mundur dari keanggotaan KPU untuk bisa lebih berkonsentrasi mengajar dan pelayanan sosial lainnya.

Lahir di Solo, 12 Agustus 1954, ia dikenal sebagai figur berpenampilan sederhana. Gemar mengenakan sandal atau sepatu sandal, jarang ditemui mengenakan sepatu. Andaikata mengenakan pakaian resmi, Romo Mudji juga sulit ditemukan mengenakan dasi. Bahkan saat dilantik menjadi anggota KPU, sekalipun mengenakan jas, Romo Mudji tak mengenakan dasi.

Walau berpenampilan sederhana, Doktor Filsafat dari Universitas Gregoriana, Roma ini ilmuwan yang kritis, serta budayawan yang amat peduli dengan persoalan persoalan kebangsaan. la juga dikenal sebagai ilmuwan yang memiliki kemampuan menterjemahkan konsep konsep yang sulit dicerna masyarakat awam, menjadi sebuah bahasa tutur yang gampang dicerna. Dalam berbicara, banyak digunakan ilustrasi atau analogi untuk memudahkan seseorang memahami apa yang disampaikan.

KPU, bagi penulis belasan buku ini, sebenarnya bukan hal yang baru. Pada Pemilu 1999, Romo Mudji menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum. Keberadaan sebagai anggota Panwas Pemilu, secara tidak langsung telah membuka akses dengan KPU sebagai penyelenggara Pemilu 1999. Persentuhan itu, tak urung, memberinya banyak masukan mengenai isi perut KPU.

Pemahaman mengenai pelaksanaan pemilu, komitmen untuk menegakkan dan mengembangkan demokrasi, serta ketegasan dalam menarik batas independensi diakui kalangan DPR. Romo Mudjipun lolos saat uji kelayakan calon anggota KPU. la berada di urutan 9 dari 22 calon yang lolos seleksi dengan mengantongi nilai 25.

Setelah sempat aktif bekerja beberapa bulan sebagai anggota KPU, akhirnya ia terpaksa mengundurkan diri karena tidak bisa rangkap tugas sebagai dosen. Ia memilih lebih baik sebagai dosen saja daripada menjadi anggota KPU. e-ti, KPU

Data Singkat
Mudji Sutrisno, Dosen, Penulis / Buku Adalah Kekayaannya | Direktori | Budayawan, Dosen, UI, penulis, KPU, Gregorian, STF, LSF

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here