Guru Besar Sosiologi Pedesaan

[ Pudjiwati Sajogyo ]
 
0
282
Pudjiwati Sajogyo
Pudjiwati Sajogyo | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Guru Besar Sosiologi Pedesaan Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Pudjiwati Sajogyo, meninggal pada usia 73 tahun di Rumah Sakit (RS) PMI Bogor, pukul 12.30, Selasa 20/8/02. Pudjiwati koma saat duduk di kursi seusai mandi pagi. Ia segera dibawa ke RS PMI Bogor yang jaraknya kurang satu kilometer dari kediamannya di Jalan Malabar 22, Bogor. Dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Blender, Bogor.

Salah satu puteri terbaik bangsa yang mantan staf ahli Menteri Negara Urusan Peranan Wanita (1986-1993) dan anggota Dewan Riset Nasional (DRN) 1994-1999, ini dilahirkan di Cirebon, Jawa Barat, 5 Juli 1929. Ia menyelesaikan studinya S1 di Fakultas Pertanian Universitas Indonesia (sekarang IPB) tahun 1959. S2 di University of Kentucky, Lexington, AS, lulus 1964. Kemudian S3-nya diselesaikan di UI tahun 1981.

Mantan asisten dosen antropologi ini, sejak tahun 1959, banyak melakukan penelitian di lingkungan petani tembakau di Temanggung, Jawa Tengah. Disusul penelitian tingkat kehidupan keluarga di empat desa di daerah aliran Jatiluhur, Jawa Barat, tahun 1964. Ibu yang selalu ceria dan banyak semun ini, juga turut meneliti dan memberikan penyuluhan tentang gizi di berbagai tempat di Tanah Air bersama suaminya Prof Dr Ir Sajogyo.

Selama pengabdiannya di IPB, ia pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Kesehatan Keluarga, Fakultas Pertanian (Faperta), 1966-1968. Penggagas berdirinya Pusat Studi Wanita (PSW) di beberapa perguruan tinggi di Indonesia ini mengepalai pula PSW di IPB sampai pensiun tahun 19094. Karya-karyanya di bidang kajian perempuan pedesaan, juga sosiologi pedesaan dan pembangunan, telah diterbitkan dalam berbagai buku.

“Sebenarnya sejak pensiun ibu sudah tidak begitu aktif lagi. Ia lebih banyak di rumah karena tekanan darah tingginya membuat ia jadi pelupa,” papar Sajogyo. tsl

Data Singkat
Pudjiwati Sajogyo, Anggota Dewan Riset Nasional (DRN) 1994-1999 / Guru Besar Sosiologi Pedesaan | Direktori | Guru Besar, IPB, staf ahli, Dewan riset

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here