Pakar Demografi dan Kependudukan

[ Prijono Tjiptoherijanto ]
 
0
225
Prijono Tjiptoherijanto
Prijono Tjiptoherijanto | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Guru Besar FE-UI ini adalah seorang ekonom yang merupakan pakar demografi dan kependudukan. Pria kelahiran Malang, 3 April 1948, ini juga peduli pada bidang ekonomi kesehatan, pemberantasan kemiskinan, dan pemberdayaan sumber daya manusia. Ia juga punya kelebihan di bidang sastra, khususnya puisi.

Prijono meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Pemerintahan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1973. Kemudian, pada tahun 1977, memperoleh gelar M.A (S2) di bidang ekonomi dari University the Philippines. Lalu, tahun 1981menyelesaikan program S3 dan meraih gelar Doktor (Ph.D) di bidang ekonomi dari University of Hawaii dengan judul disertasi The Economic Benefit of Tuberculosis Control Program in Indonesia: Effect of Chemotherapy.

Berbagai hasil pemikirannya di bidang kependudukan telah banyak digunakan berbagai pihak khususnya Bappenas dan BKKBN.

Peran aktifnya sebagai peneliti di Lembaga Demografi FEUI telah menghasilkan banyak karya ilmiah berupa artikel dan buku yang dipublikasikan baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu hasil penelitiannya yang berjudul Civil Service Reform in Indonesia telah dipublikasikan oleh Kobe University (Jepang) tahun 2007. Prof. Prijono juga telah menyelesaikan penelitian mengenai ‘Civil Service Reform in Selected ASEAN Countries” yaitu di Malaysia, Thailand dan Filipina.

Selain aktif di bidang pendidikan dan penelitian, ia juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Juga pernah aktif di pemerintahan sebagai Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Sekretaris Wakil Presiden Republik Indonesia.

Saat ini, aktif sebagai Penasehat Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia dan merupakan anggota Dewan Pakar Administrasi Publik Persatuan Bangsa – Bangsa (Committee of Expert on Public Administration of the U.N. Department of Economic and Social Affairs) periode 2006 – 2009.

Prof.Prijono juga mempunyai minat pada bidang sastra, khususnya puisi. Beberapa puisinya telah ikut serta meramaikan buku puisi “Dari Negeri Poci 1dan 2.” Bahkan selama mengajar di Kobe University, Jepang, juga menulis “haiku”, puisi khas Jepang yang terdiri dari 17 suku kata, dan dimuat pada Harian “The Asahi Shimbun”. tsl

Sumber:
1. http://www.ui.ac.id/download/guru_besar/ Prof_Dr_Prijono_Tjiptoherijanto.pdf

Data Singkat
Prijono Tjiptoherijanto, Dosen, Guru Besar FEUI / Pakar Demografi dan Kependudukan | Direktori | Guru Besar, Dosen, FEUI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here