Satu Tahun TokohIndonesia.com

 
0
43
Satu Tahun TokohIndonesia.com
Matori Abdul Djalil | Majalah Tokoh Indonesia 02

[OPINI] – Tanggal 20 Mei adalah hari bersejarah bagi bangsa ini. Hari berdirinya Budi Oetomo, yang kemudian setiap tahun diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Di tengah suasana bangsa saat ini, semangat kebangkitan nasional ini terasa amat penting direvitalisasi. Sebaiknya, harus dimulai dari setiap individu untuk bertanya perihal kontribusinya dalam proses kebangkitan bangsanya. Apa yang telah diberikan kepada bangsa dan negaranya.

Dalam suasana itu, satu tahun lalu, tepatnya 20 Mei 2002, situs Tokoh Indonesia DotCom mulai dipublikasikan, yang sekaligus ditetapkan sebagai hari kelahirannya. Hari ini sengaja dipilih dengan harapan agar semangat kebangkitan nasional selalu mengawal para crew dalam menjalankan tugas menggali pengalaman para tokoh Indonesia tanpa determinasi suku, agama, golongan dan aliran politik, untuk menjadi ‘guru yang baik’ bagi setiap orang.

Semangat kebangkitan nasional itu diharapkan menjadi cahaya yang tak akan padam dalam menuntun gerak maju situs web yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia ini. Kami yakin, nyala semangat itu pula yang mendorong para tokoh untuk memberikan dukungan dalam penerbitan Majalah Tokoh Indonesia yang kini ada di tangan Anda.

MAJALAH TOKOH INDONESIA 02 ? TOKOH UTAMA: Matori Abdul Djalil = KH Abdurrahman Wahid = TOKOH PILIHAN: Sri Mulyani Indrawati =TOKOH NEWS: Syahril Sabirin – Said Agil Husin Al Munawar – Gesang Martohartono – Daan Dimara – Hidayat Nur Wahid – Nurdin Purnomo – Rudy Wanandi – Rahmat Shah = TOKOH DUNIA: Hillary Clinton = SELEBRITI: Britney Spears = Sophie Latjuba = Desi Ratnasari = DEPTHNEWS: Kisah Politik Gus Dur dan Matori. Majalah yang berbasis (berinduk) web site Tokoh Indonesia DotCom ini disajikan untuk lebih membangkitkan semangat keindonesiaan. Antara lain dalam wujud nyata bagaimana bangsa ini lebih mengidolakan tokoh bangsanya sendiri daripada tokoh bangsa-bangsa lain. Agar bangsa ini lebih mengedepankan kepentingan bangsanya daripada kepentingan subjektifnya mengidolakan tokoh bangsa lain.

Di tengah gejala terjadinya kemerosotan moral dan kenegarawanan para tokoh bangsa ini, kehadiran web site dan majalah ini diupayakan memberi makna pembelajaran dan pencerahan. Media ini menganut jurnalisme pembelajaran. Jurnalisme yang menggali pengalaman para tokoh untuk menjadi guru yang baik bagi setiap orang. Sehingga media ini kami sebut sebagai gudang pengalaman.

Dalam satu tahun usianya, tentu masih terlalu bayi untuk bisa disebut memberi makna pembelajaran. Tapi, dengan semangat kebangkitan nasional, setidaknya itulah obsesi yang ingin digapai media ini, terutama media online Tokoh Indonesia DotCom.

Pada edisi kedua majalah ini, kami menyajikan biografi politik Menteri Pertahanan Matori bdul Djalil dan kisah politiknya dengan Gus Dur. Juga ada Sri Mulyani, Cak Nur dan lain-lain. Jakarta, 20 Mei 2003, Redaksi ? Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia Edisi 02

Tokoh Terkait: Sri Mulyani Indrawati, | Kategori: Opini | Tags: Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here