Tampilkan Kemandirian Kaum Perempuan

 
0
28
Tampilkan Kemandirian Kaum Perempuan
TokohIndonesia.com | SAN

[BERITA TOKOH] – Perempuan Katumbiri Expo 2011 – Jakarta, TokohIndonesia.com – Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-83, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Kemenko Kesra, Organisasi Perempuan, Mitra Gender dan beberapa instansi lainnya menggelar Katumbiri Expo 2011 di Jakarta Convention Center (7/12/2011). Pameran yang berlangsung hingga 11 Desember ini kebanyakan diikuti UKM perempuan yang mencapai 110 peserta.

Peringatan Hari Ibu yang mengambil tema “Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Menuju Kesejahteraan Bangsa” tersebut merupakan bagian dari program Kementerian PP dan PA dalam menggalakkan peran perempuan di segala bidang kehidupan, terlebih untuk menunjukkan keberhasilan yang telah dicapai kaum perempuan bersama laki-laki Indonesia selama ini.

Dalam kata sambutannya, Menteri PP dan PA Linda Gumelar mengatakan bahwa Katumbiri Expo ini merupakan salah satu landasan bahkan parameter keberhasilan kaum perempuan Indonesia dalam bentuk kemandirian, meningkatkan kualitas hidup dan berupaya untuk mencapai kemitraan yang sejajar dan berkeadilan. Untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam masyarakat, dibutuhkan lingkungan sosial budaya yang kondusif dan perlu adanya percepatan perubahan pola pikir masyarakat.

Sesuai dengan namanya “Katumbiri”, kata dalam bahasa Sunda yang artinya pelangi, pengunjung expo bisa melihat keanekaragaman serta keindahan produk budaya Indonesia yang diolah dengan kearifan lokal sehingga menghasilkan produk berbasis budaya dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Ada batik, tenun, kerajinan tangan dan berbagai macam produk kreatif lainnya.

Dalam acara pembukaan, beberapa mantan TKW Indonesia, Eliza dan Rohimah dan salah satu korban kekerasan dalam rumah tangga yakni Lisa menerima tali kasih dari Kementerian PP dan PA. Ketiganya mampu bertahan dalam kerasnya hidup dengan berkarya dan tetap semangat dalam membangun keluarga yang lebih sejahtera lewat kegiatan kewirausahaan dengan membuat berbagai aksesories hingga hasilnya bisa diekspor ke mancanegara. Selain menggelar pameran kerajinan dari berbagai provinsi di Indonesia, juga ditampilkan sejumlah karya fotografi dari Ani Bambang Yudhoyono.

Pada pagi di hari yang sama, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-83 tahun 2011, juga digelar acara donor darah di Wisma Bhayangkari, Jakarta dengan tema “Darahku Kehidupanmu” yang sukses diselenggarakan oleh 6 organisasi perempuan yaitu SIKIB, KOWANI, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Dharma Pertiwi dan Tim Penggerak PKK. Berita TokohIndonesia.com | bety, san

ENSIKONESIA – ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Tokoh Terkait: Ani Yudhoyono, Linda Gumelar, | Kategori: Berita Tokoh – Perempuan | Tags: Perempuan, UKM, ekonomi kreatif, kesetaraan, gender

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here