Aktivis HAM, Pendidik dan Politisi

[ Hasballah M. Saad ]
 
0
210
Hasballah M Saad
Hasballah M Saad | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Dr. Hasballah M. Saad, lahir di Pidie, Aceh, 14 Juli 1948. Aktivis HAM, pendidik dan politisi yang menjabat Menteri Negara Hak Asasi Manusia (HAM) di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (1999-2001) ini meninggal dalam usia 63 tahun pada Selasa, 23 Agustus 2011 sekitar pukul 01.00 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

Pendiri Komite HAM Aceh ini juga pernah menjabat anggota Komisi Hak Asasi Nasional (2001-2007). Dia juga aktif dalam dunia pendidikan. Pernah menjabat Rektor Universitas Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie, dan aktif membangun Pesantren Al-Furqon di Sigli, Yayasan Pendidikan Putra Harapan Bangsa di Jakarta sertaYayasan Modal Bangsa di Jakarta.

Mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala tahun 1978, ini juga aktif dalam dunia politik di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pada Pemilu 1999, dia terpilih menjadi Angota DPR dari PAN. Beberapa saat kemudian diangkat oleh Presiden Abdurrahman Wahid menjabat Menteri Negara Urusan Hak Asasi Manusia (HAM).

Hasballah lulusan S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Syah Kuala pada tahun 1980, S2 dari IKIP Bandung tahun 1988 dan S3 IKIP Jakarta tahun 1999. Mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala tahun 1978, ini juga aktif dalam dunia politik di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pada Pemilu 1999, dia terpilih menjadi Angota DPR dari PAN. Beberapa saat kemudian diangkat oleh Presiden Abdurrahman Wahid menjabat Menteri Negara Urusan Hak Asasi Manusia (HAM).

Bekas tahanan politik Orde Baru (1978-1979), ini juga pernah aktif sebagai anggota Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia tahun 1995. Suami Darmawati dan ayah dari tiga anak ini juga sempat menjadi anggota Majelis Pertimbangan DPP PAN. Jenazahnya dimakamkan di kampung halamannya, Gampong Lameu, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie. Penulis: Ch. Robin Simanullang | Bio TokohIndonesia.com

Data Singkat
Hasballah M Saad, Menteri Negara HAM (1999-2001) / Aktivis HAM, Pendidik dan Politisi | Ensiklopedi | Politisi, Guru, HAM

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here