Buku Penjelajah Kepemimpinan

[ Sutiyoso ]
 
0
306
Sutiyoso
Sutiyoso | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Buku biografi Sutiyoso, Gubernur DKI Jakarta di Masa Sulit pada Era Lima Presiden berjudul Sang Pemimpin, yang akan diluncurkan Minggu malam, 6 Desember 2015 di Djakarta Theater, membawa kita kepada penjelajahan kepemimpinan yang tangguh dalam jagad penuh tantangan. Ini adalah sebuah buku kisah kepemimpinan empiris berdimensi luas.

Kisah kepemimpinan yang secara keseluruhan tak terlukiskan dengan kata dalam buku ini, tetapi memancarkan inspirasi dan api kepemimpinan yang berdaya pancar luas dan jauh, terutama bagi mereka yang mau belajar dari pengalaman orang lain.

Kendati buku ini jauh dari sempurna untuk mendeskripsikan perjalanan hidup Sutiyoso yang sarat dengan jejak kepemimpinan, sebagaimana dikemukakan penulisnya, Drs. Ch. Robin Simanullang (wartawan TokohIndonesia.com), namun jika diselami, itu pulalah menjadi kekuatan tersembunyi dari penulisan sebuah biografi. Dimana biografi memiliki selaksa kata tersirat yang tak terungkapkan secara tertulis tetapi memancarkan daya (sumber) inspirasi luar biasa bagi siapa saja yang mau menyelaminya.

Setidaknya biografi Sang Pemimpin, ini berguna sebagai noktah kecil biografi kepemimpinan dalam hamparan luas kisah kepemimpinan manusia, yang sekecil apapun akan berguna sebagai cermin dan menjadi referensi kecil sekolah kehidupan bagi setiap orang yang berniat belajar dari pengalaman orang lain.

Membaca buku ini, membuat kita seperti ikut tertantang untuk tidak mau menyerah kepada kesulitan masalah seberat apa pun. Buku biografi kepemimpinan yang membawa kita selalu berani mengambil keputusan yang menjadi solusi bagi setiap masalah yang membentang. Seperti Sutiyoso yang sejak kecil telah memiliki nyali kepemimpinan. Terasah dari kecil, diwarnai keberanian berkelahi dan berteman, tertempa dalam pendidikan kemiliteran, berkiprah di pasukan elit dengan ketangguhan memimpin pasukan khusus di berbagai operasi intelijen tempur, hingga memimpin komando teritorial Pangdam Jaya, sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta selama dua periode (1997-2007).

Dia Gubernur DKI Jakarta di masa sulit dan pada era lima presiden dengan karakter dan kepentingan politik berbeda. Tampil tak sekadar gubernur, tapi dia seorang pemimpin Jakarta yang paling tangguh. Pemimpin yang kuat dan berani melintasi badai betapa pun sulit dan dahsyatnya. Tatkala pamor kekuasaan, yang tadinya amat ditakuti, disegani, ditaati dan pantang dibantah, tiba-tiba berada di titik nadir terendah, digulung arus reformasi beraroma revolusi serta dibayar mahal (dinodai) Tragedi Mei 1998, dia tampil sebagai pemimpin mumpuni, bukan sekadar gubernur, yang mampu merajut hubungan baik dengan kelima presiden tersebut. Jelas, hal itu hanya mungkin bisa dilakukan oleh seorang pemimpin sejati.

Setelah pada periode pertama sebagai Gubernur DKI dia berhasil merehabilitasi Jakarta pada masa paling sulit, kemudian, pada periode kedua dia menggagas dan fokus melakukan banyak hal sebagai masterpiece yang menjadi program dan solusi integrated dan dedicated buat Jakarta. Dia benar-benar mendedikasikan diri sebagai seorang pemimpin visioner yang menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah krusial sekaligus ingin mewujudkan Jakarta berdaya saing global.

Buku biografi Sang Pemimpin ini juga membawa kita lebih peka dan jeli melihat dan memilih pemimpin yang sepatutnya memimpin negeri ini. Buku ini menginspirasi dan menuntun kita lebih cerdas menilai mana pemimpin yang sanggup dan berani mengambil risiko, penuh tanggung jawab, dan tak mau larut berlama-lama dalam kebimbangan, tetapi secara tangkas melarutkan diri dalam aspirasi rakyat untuk mencapai tujuan nasional.

Buku yang menuntun kita mengenali pemimpin visioner yang taat azas, dan tidak takut tekanan. Pemimpin keberagaman potensi bangsa yang berasal dari semua asal-usul, suku, ras, agama, golongan, dan gender demi kepentingan bersama. Menuntun kita untuk mengenali pejabat publik (presiden, menteri, gubernur, bupati dan walikota) yang berkecerdasan sebagai pemimpin. Jakarta, 6 Desember 2015 | Penerbit: Pustaka Tokoh Indonesia | Bio TokohIndonesia.com

Data Singkat
Sutiyoso, Gubernur DKI 1997-2007 dan Kepala BIN 2015-2019 / Buku Penjelajah Kepemimpinan | Ensiklopedi | Kepemimpinan, Gubernur, Sang Pemimpin, biografi, DKI Jakarta, Sutiyoso, Era Lima Presiden

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here