Jenderal Pejuang dan Panutan

[ Makmun Murod ]
 
0
644
Makmun Murod
Makmun Murod | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Jenderal TNI (Purn) Makmun Murod lahir di Baturaja, Sumatera Selatan, 24 Desember 1924, seorang jenderan pejuang dan panutan. Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-7 pada periode Mei 1974 sampai Januari 1978, ini meninggal dunia di Jakarta, 13 September 2011 dalam usia 87 tahun. Mantan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Agung, ini seorang tokoh panutan dan prajurit pejuang yang mengukir sejumlah prestasi. 

Saat menjabat Kasad dia membenahi organisasi TNI AD di antaranya drngan melakukan regrouping Satuan Artileri. Dia juga berperan dalam pelaksanaan tugas penanggulangan Malari dan upaya mewujudkan integrasi Timor Timur. Nama dan karirinya melejit ketika menjabat Pangdam V Jaya (1969-1970) dengan pangkat Mayor Jenderal TNI. Hanya setahun, dengan pangkat yang sama, dia sudah dipercaya menjabat Pangkostrad.

Jabatan Pangkostrad ini pun cuma satu tahun diembannya karena dia ditunjuk untuk menjabat Pangkostranas. Kemudian dia menjabat Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkowilhan) II dengan pangkat Lentan Jenderal. Pangkat jenderal diperoleh saat dia menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Mei 1974 sampai Januari 1978. Kemudian dia menjabat Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Agung, dan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan ABRI.

Pangkat jenderal diperoleh saat dia menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Mei 1974 sampai Januari 1978. Kemudian dia menjabat Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Agung, dan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan ABRI.

Makmun Murod meninggal dunia pada usia 87 tahun, Selasa 13 September 2011 pukul 12.40 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. Dia sempat dirawat selama lima hari di ICU akibat mengalami gangguan pernafasan. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka di kawasan Perdatam Raya, Pancoran, Jakarta Selatan. Sejumlah kerabat dan tokoh melayat. Di antaranya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, yang melayat Selasa malam, sekitar pukul 21.00 wib yang disambut oleh anak tertua almarhum, Dudhie Makmun Murod.

Ketua MPR Taudif Kemas dan mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, juga melayat.Menurut Ketua DPRD Sumatera Selatan Wasista Bambang Utoyo, bagi masyarakat Sumsel, Makmun Murod seorang sosok pejuang, pahlawan dan panutan. Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan pada pukul 11.00 WIB, Rabu 14 September 2011 dengan upacara militer yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Purnomo Edhie Wibowo. Penulis: RBH | Bio TokohIndonesia.com

Data Singkat
Makmun Murod, Kepala Staf TNI AD (1974-1978) / Jenderal Pejuang dan Panutan | Ensiklopedi | Jenderal, Kasad, TNI, DPA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here