Orientasi Prestasi Sang Inovator

[ Alinafiah ]
 
0
273

05 | Total Logistik Service

Alinafiah
Alinafiah

Selama ini Pos Indonesia lebih dikenal sebagai perusahaan yang melayani pengiriman surat, wesel, maupun paket ke seluruh pelosok negeri dan mancanegara. Namun seiring dengan perkembangan bisnis dan teknologi, di bawah kendali Alinafiah, Pos Indonesia pun melakukan berbagai terobosan dalam memberikan jasa perposannya.

Salah satu terobosan itu adalah dikembangkannya pelayanan total logistik. Melalui pelayanan ini, kini pengguna jasa pos dapat mempercayakan kepada Pos Indonesia aktivitas manajemen distribusi barang-barang atau produk usaha secara menyeluruh.

Pos Indonesia tidak lagi sekedar mengirimkan barang ke alamat tujuan tapi juga melakukan proses warehousing, assembling, packaging dan bahkan track and tracing perjalanan barang tersebut ke alamat tujuan.

Menurut Alinafiah, ssunguhnya layanan total logistik bukanlah hal baru. Pos sejak lama telah mengelola aktivitas total logistik ini, namun belum maksimum. Seperti, penjualan materai yang dilakukan oleh Pos Indonesia sebenarnya dikelola dengan pendekatan total logistik. Dalam hal ini, Pos Indonesia dipercaya oleh Departemen Keuangan tidak saja menjual materai di loket-loket, tapi juga melakukan proses penyimpanan dan pendistribusian serta pengadministrasiannya.

Hal yang sama dilakukan pula untuk Universitas Terbuka. Pos Indonesia tidak saja menjual formulir pendaftaran, tetapi juga menyimpan dan mendistribusikan dokumen-dokumen serta modul-modul perkuliahan ke seluruh peserta di pelosok Indonesia. Pengalaman ini, ditambah dengan potensi jaringan transportasi maupun jaringan pelayanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia, merupakan bekal dalam membuka layanan total logistik.

Pada sisi lain terdapat perkembangan signifikan dalam aktivitas bisnis di Indonesia. Lalu lintas barang dari dan ke berbagai daerah semakin marak apalagi dengan diterapkannya Otonomi Daerah. Efesiensi dan efektivitas pendistribusian barang ke seluruh wilayah menjadi sangat penting bagi berbagai bidang usaha. Ketatnya persaingan yang ada menuntut pengelolaan usaha yang lebih fokus pada aktivitas inti tanpa direpotkan kegiatan-kegiatan lain seperti logistik yang sebenarnya dapat di sub kontrakan kepada perusahaan logistik service seperti Pos Indonesia.

Pengusaha tidak direpotkan lagi oleh masalah penyimpangan barang, persediaan, pendistribusian dan sebagainya. Bahkan pengadministrasian pengiriman barang tersebut. Solusi efesiensi akan terjadi karena adanya sinergi dan konsolidasi berbagai kegiatan dalam layanan Pos Indonesia. Dalam kerangka inilah layanan total logistik Pos Indonesia diperkenalkan. Perusahaan atau produsen produk konsumsi, pharmasi, elektronika dab sebagainya tidak perlu memikirkan lagi masalah logistiknya. Desain pergudangan, pola distribusi, cara penyimpanan, pengepakan, administrasi persediaan dapat disesuaikan dengan spesifikasi barang yang akan ditangani. Inilah yang disebut Pos Indonesia tidak menjual apa yang dimiliki tetapi menjual apa yang diinginkan konsumennya.

Salah satu klien yang telah memanfaatkan layanan Total Logistik adalah PT. Unilever Indonesia Tbk. Perusahaan ini mempercayakan kepada Pos Indonesia pengiriman barang-barang Point Of Sale (POS), perangkat promosi, dan Gift dari seluruh merk produk Unilever.

Kepercayaan ini diberikan dengan salah satu pertimbangan bahwa Pos Indonesia memiliki kemampuan dan pengalaman untuk mengintegrasikan proses pengirimannya ke berbagai wilayah usaha Unilever di seluruh Indonesia. Apalagi kebijakan perusahaan menekankan bahwa kantor cabang Unilever benar-benar difokuskan untuk mengejar target pendapatan dan tidak boleh direpotkan oleh masalah-masalah pendistibusian produk atau hal-hal lainnya. Bermitra dengan perusahaan yang mampu dan dapat dipercaya untuk mengelola logistik adalah pilihan strategis Unilever.

Saat ini total logistik telah dapat dilayani di wilayah Jabotabek. Dalam waktu dekat akan dikembangkan di Surabaya, Bandung dan Medan. Layanan Total Logistik sangat sesuai bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang consumer goods, elektronika, penerbitan buku, office equipment, suku cadang kendaraan bermotor, perangkat komputer dan produk telekomunikasi, farmasi dan bahkan produk agribisnis.

Guna memberikan kepuasan kepada pemakai layanan Total Logistik ini, Pos Indonesia akan memanfaatkan gedung dan sarana yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai pendukung kelancaran aktivitas total logistik ini. Pendekatan pelayanannya pun dilakukan secara costumize, termasuk jika konsumen menginginkan produknya diasuransi.

Khusus dalam penyediaan gudang, Pos Indonesia memiliki 4000-an gedung yang tersebar di seluruh Indonesia dan masih belum optimal dimanfaatkan. Untuk itu, bila konsumen menginginkan gedung itu dapat diubah menjadi sarana pergudangan bagi kelancaran logistiknya. crs, mlp (Diterbitkan juga di Majalah Tokoh Indonesia 03 – Juli 2003)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here