Terpilih Jadi Ketua Umum PBB

[ MS Kaban ]
 
0
63
MS Kaban
MS Kaban | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Menteri Kehutanan Kabinet Indonesia Bersatu yang merangkap jabatan Sekjen DPP Partai Bulan Bintang (PBB) ini akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum DPP PBB sekaligus Ketua Formatur dalam Muktamar II PBB di Asrama Haji Sukolilo, Minggu (1/5/2005), di Surabaya. Kaban terpilih setelah kandidat terkuat lainnya Hamdan Zoelva, menyerahkan dukungannya kepada Kaban, tanpa harus melalui pemilihan tahap kedua.

Dalam muktamar yang berjalan lancar, walau agenda pemilihan ketua umum PBB sempat molor 10 jam, akibat perumusan hasil-hasil komisi dalam muktamar, termasuk penggantian nama partai.

Proses pemilihan baru dimulai Minggu pukul 10.45 diawali dengan proses verifikasi peserta yang mendapat mandat untuk memberikan suara. Pada tahap pertama pemilihan, atau tahap pencalonan, muncul 13 kandidat. Namun, hanya Hamdan dan Kaban yang berhasil meraih dukungan minimal 50 suara, sebagai syarat untuk bisa maju pada putaran kedua.

Tapi dukungan yang diperoleh Kaban sangat mencolok yaitu 283 suara. Hamdan 61 suara, Sahar L Hasan 47 suara dan Yusril Ihza Mahendra delapan suara.

Kemudian ketika Pimpinan Sidang Manimbang mempersilakan Kaban dan Hamdan, menyatakan kesanggupan maju dalam pemilihan tahap kedua, Hamdan menyatakan menyerahkan dukungan kepada Kaban untuk memimpin PBB. Kaban pun ditetapkan menjadi Ketua Umum DPP PBB periode 2005-2010 tanpa dilanjutkan lagi pemilihan putaran kedua.

Kemudian, sidang pleno muktamar juga memilih ketua dewan syuro yang akan menjadi anggota formatur, dan memilih 7 anggota formatur lain. Tim formatur akan menyusun dan membentuk formasi personalia Pengurus Pusat PBB dalam waktu selambat-lambatnya 30 hari.

Dalam muktamar ini juga diputuskan bahwa PBB tidak lagi memiliki Dewan Kehormatan dalam strukturnya. Tugas-tugas Dewan Kehormatan diambilalih Majelis Syuro, baik di pusat maupun di daerah dan cabang. tsl

Data Singkat
MS Kaban, Menteri Kehutanan Kabinet Indonesia Bersatu / Terpilih Jadi Ketua Umum PBB | Ensiklopedi | IPB, DPR, MPR, Menteri, Dosen

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here