Sedikit Bicara Banyak Bekerja

[ Kodradi ]
 
0
153
Kodradi
Kodradi | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Dia seorang bankir yang telah merengkuh banyak pengalaman. Sebelum menjabat Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Kodradi, kelahiran Boyolali, 18 Juli 1944, ini sudah teruji di Bank Mandiri, Bank Bumi Daya dan Bank Ekspor Impor. Dia menganut AFTA (Action First Talk After) dalam bekerja.

Mantan Direktur Utama Bank Bumi Daya ini memang seorang pekerja keras. Baginya banyak bekerja lebih penting ketimbang banyak bicara. Apalagi dalam mengemban amanah sebagai Diryt BTN, dia bertekad melakukannya dengan sebaik-baiknya, jujur dan tulus serta nothing to loose.

Menurutnya, memimpin sebuah perusahaan tak cukup hanya mengandalkan kepintaran. Ada modal lain yang justru paling penting yakni kejujuran, keikhlasan, keseriusan dan komitmen. Dia mengungkapkan hasil sebuah survei tentang kepemimpinan (leadership), bahwa pintar atau kecerdasan itu berada di urutan ketiga. Urutan satu adalah kejujuran dan keikhlasan. Urutan kedua, keseriusan dan komitmen.

Untuk meningkatkan kinerja BTN, dia juga sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Sehingga karyawan BTN dalam kepemimpiannya menikmati peningkatan kesejahteraan.

Sarjana Ekonomi dari Universitas Diponegoro tahun 1969, ini menjabat Direktur Utama Bank Tabungan Negara sejak 16 Mei 2000 melalui surat Keputusan Menteri Keuangan No. 145/KMK.01/2000.

Dia juga turut membidani lahirnya Bank Mandiri, yang merupakan merger dari beberapa bank BUMN di antaranya Bank Bumi Daya dan Bank Exim, yang kini menjadi bank terbesar di Indonesia. Dia sempat menjabat Executive Vice President Bank Mandiri.

Sebelumnya, dia sudah menjabat sebagai Direktur Bank Ekspor Impor Indonesia, Direktur Utama Bank Ekspor Impor Indonesia dan Direktur Utama Bank Bumi Daya.

Selain itu, dia juga pernah menjabat Komisaris Utama PT. Puri Adhimelati, Komisaris Utama PT. Caraka Mulia, dan Komisaris Utama PT. Gedung Bank Exim.

Kegiatan lain di bidang social antara lain sebagai Pendiri dan Badan Pengurus Yayasan Kado Anak Muslim (YAKAMUS).

Pendidikan luar negeri yang pernah diikuti antara lain Seminar Human Resource Management in Asia (Euro Asia Centre INSEAD, Singapore 1984), Seminar Fourth Retail Banking & Electronic Financial Service (The Financial Times Conference Organization, London 1985).

Juga seminar Revolution in The Foreign Exchange Dealing Markets (Euromoney, London 1985), Training in Methodology Overview and Banking System (Arthur Andersen, Singapore 1988), Senior Management Briefing on Information Technology in Banking (Arthur Andersen, Singapore 1988), QCC Manager-Facilitator-Leader- Train The Trainer in Orientation Talk- Workshop (OUB Kimited, Singapora 1992), Senior Management Briefing on Information Technology in Banking (Arthur Andersen & Co. S.C, Singapore 1993), Asian International Executive Programs (Auro Asia Centre INSEAD, Singapore 1994

National Housing Bank
Kodradi punya obsesi menjadikan BTN sebagai National Housing Bank, seperti halnya di Thailand. Dia bertekad menjadikan BTN sebagai bank keluarga berbasis rumah yang sehat dan solid. Segala keperluan keluarga mulai dari perumahan, tabungan keluarga, tabungan pendidikan dan yang lain, bisa dilayani secara profesional oleh BTN.

Dia sadar untuk tujuan itu memang diperlukan infrastruktur yang kuat seperti pendanaan jangka panjang.

Dalam kaitan ini pula, Kodradi menegaskan bahwa bank yang dipimpinnya tidak akan dimerger dengan bank mana pun, setidaknya untuk tahun 2005. Itu sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan BTN yang diputuskan rapat umum pemegang saham pada 14 Februari 2005.

Sesuai dengan Arsitektur Perbankan Indonesia (API) yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Bank Tabungan Negara (BTN) diharapkan tetap menjadi bank yang fokus pada pemberian kredit perumahan.

Penegasan tersebut diungkapkan Kodradi menjawab pers seusai bertemu Wakil Presiden (Wapres) Muhammad Jusuf Kalla, Kamis (23/2/2005) di Istana Wapres, Jakarta.

Sebelumnya dikabarkan, pemerintah yang menguasai seluruh saham BTN berencana memerger BTN dengan Bank BNI atau Bank BRI. tsl

Data Singkat
Kodradi, Direktur Utama Bank Tabungan Negara / Sedikit Bicara Banyak Bekerja | Direktori | bank, direktur, Undip, BTN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here