Mutiara dari Selatan

[ Andi Meriem Mattalata ]
 
0
405
Andi Meriem Mattalata
Andi Meriem Mattalata | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Almarhum Andi Meriem Matalatta merupakan penyanyi tenar di tahun 80-an. Semasa hidupnya, wanita keturunan bangsawan dari Makassar ini telah menelorkan belasan album yang sangat digandrungi masyarakat pada zamannya.

Wajah sendu menjadi ciri khas penyanyi Andi Meriem Matalatta. Penampilannya itu semakin terasa pas dengan lagu-lagu melankolis yang kerap dibawakannya. Lagu-lagu dengan melodi mendayu-dayu yang tengah digemari kala itu, menambah popularitas penyanyi wanita yang populer di tahun 80-an ini.

Di mata orang terdekatnya, Mer, demikian Andi Meriem Matalatta biasa disapa, ketika kecil tergolong anak yang pendiam. Oleh sebab itu, banyak orang sebelumnya yang tidak menyangka Mer dapat menjadi penyanyi terkenal. Tapi di dalam mewujudkan keinginannya, Mer dikenal sebagai orang yang sangat tekun.

Wanita kelahiran Makasar, Sulawesi Selatan 31 Agustus 1957, ini merupakan anak kelima dari enam bersaudara. Kedua orangtuanya, Mayjen TNI (purn) H. Andi Matalatta (alm) dan Hj. Sitti Aminah Daeng Pudji (alm) tergolong kaum berada dan cukup terpandang di daerahnya pada zaman itu. Terutama karena sang ayah yang merupakan pensiunan perwira TNI dan mantan Ketua KONI Sulsel memiliki andil besar dalam pembangunan Stadion olahraga di Makassar dan pengembangan dunia olahraga di Sulawesi Selatan. Sehingga namanya kemudian diabadikan sebagai bagian nama stadion di ibukota provinsi tersebut, yakni Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar.

Meriem dan saudaranya juga mewarisi sifat kecintaan sang ayah pada dunia olahraga tersebut. Enam bersaudara itu rata-rata senang menggeluti olahraga ski air. Meriem sendiri bahkan pernah beberapa kali mendapat juara ski di kota kelahirannya, Makassar.

Meski terlahir dari keluarga bangsawan, tidak serta merta membuat Mer menjadi orang yang tinggi hati. Sebaliknya, kesederhanaan justru terpancar dalam sikap dan gaya hidupnya. Di masa kuliah, ia yang kala itu tercatat sebagai mahasiswi Universitas Hasanudin Makassar Jurusan Sastra Inggris memilih becak sebagai transportasinya ke kampus. Selain itu, baik di kampus maupun dalam pergaulan sehari-harinya, Meriem juga dikenal sebagai gadis sederhana dalam berpakaian dan bergaul.

Bakat menyanyi sendiri telah diperlihatkan Mer sejak kecil. Dia mulai menunjukkan talentanya itu persisnya pada saat acara khitanan kakaknya, Andi Ilhamsyah Mattalatta. Saat itu, dia menyanyi sambil memainkan piano.

Bertambah serius, Meriem mulai mengikuti lomba menyanyi ketika masih duduk di kelas V Sekolah Dasar tahun 1970, dimana ketika itu ia berhasil mendapatkan posisi juara I lomba menyanyi pop se-Ujungpandang. Tahun 1973, ia kemudian masuk 10 finalis dalam lomba nyanyi pop se-Indonesia. Selain itu, ia juga sering mengikuti berbagai ajang perlombaan menyanyi lainnya. Dari hasil kerja kerasnya yang seakan tak kenal lelah itu ia pun kemudian berhasil menjadi bintang di radio dan televisi.

Jalan karirnya sebagai penyanyi profesional mulai terbuka setelah tampil dalam rekaman pertamanya Mutiara dari Selatan ciptaan Iskandar. Judul lagu yang bercerita tentang kisah hidup Mer itu kemudian melekat menjadi julukan bagi Andi Meriem Mattalata hingga akhir hidupnya. Selama berkarir di dunia tarik suara, Mer tercatat telah menelurkan belasan album, beberapa tembang seperti Lenggang Jakarta dan Mudahnya Bilang Cinta sukses dia populerkan.

Si Mutiara dari Selatan itu menghembuskan nafas terakhirnya di Zoetermeer, Belanda, 4 Juni 2010 pada umur 52 tahun. Istri dari Hendra Pribadi itu meninggal akibat komplikasi penyakit diabetes saat liburan ke Amsterdam bersama anak semata wayangnya, Herli Merdania.

Menurut pihak keluarga, Mer yang semasa hidupnya dikenal sebagai seorang muslimah yang taat beribadah itu sebelumnya sudah memiliki firasat usianya tak panjang lagi. Meski begitu, sebagai orang beriman, ia mengutarakan kesiapannya kapan pun Sang Khalik akan memanggilnya.

Jenazah ibu satu putri itu kemudian dimakamkan di komplek pemakaman keluarga besar dari ayahnya Andi Mattalatta di komplek pemakaman raja-raja Barru, Tanah Maridie, Kajuara, Barru. e-ti | muli, red

Data Singkat
Andi Meriem Mattalata, Penyanyi, Aktris / Mutiara dari Selatan | Selebriti | Penyanyi, cantik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here