Pengalaman Guru Terbaik

[ Probosutedjo ]
 
0
54
Pengalaman Guru Terbaik
Probosutedjo | Majalah Tokoh Indonesia

[OPINI] – Saatnya mengosongkan diri! Kalimat pendek ini menjadi salah satu yang selalu ditekankan pimpinan media ini kepada para jurnalisnya. Hal ini sehubungan dengan keberadaan Website dan Majalah Tokoh Indonesia yang di-setting sebagai media spesifik biografi. Pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Biografi tentulah harus fokus, berpusat, pada si tokoh yang bersangkutan. Selain fokus pada kisah hidupnya, juga visi dan misi si tokoh, terutama dalam rangka bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal biografi, ditulis seobjektif apa pun, tidak bisa keluar dari unsur subjektif. Maka, media ini mempertegas posisinya sebagai pelayan bagi para tokoh dan pembaca dengan metode penulisan objektif dan subjektif berkualitas. Penulisan subjektif berkualitas dimaksud antara lain ditulis sesuai visi dan misi tokoh yang bersangkutan.

Dalam posisi sebagai pelayan itu, para jurnalis media ini selalu diingatkan untuk mampu mengosongkan diri dalam arti luas. Tidak hanya mengosongkan diri dari idealisme politik subjektifnya, tetapi juga rendah hati, jujur dan tulus serta bersahabat dengan setiap orang. Dengan demikian dia akan mampu menulis sesuai dengan visi dan misi tokoh yang bersangkutan. Tidak mudah, tapi harus terus ditempuh! Kesempurnaan pengosongan diri dimaksud berada dalam proses yang terus bertumbuh.

Demikianlah media ini berusaha memberikan pelayanannya, dengan tujuan yang baik. Sesuai ungkapan yang mengatakan: Pengalaman adalah guru yang terbaik. Media ini, terutama websitenya, adalah gudang pengalaman. Gudangnya ‘guru-guru’ yang terbaik.

Dalam edisi ini, secara khusus kami menyajikan biografi, visi dan pemikiran serta keprihatinan seorang tokoh yang kami gelari sebagai Guru Pengusaha Pribumi. Dia adalah Probosutedjo, pendiri dan pemimpin kelompok usaha Mertju Buana. Adik seibu HM Soeharto, Presiden RI Kedua, dalam era reformasi ini, tak luput dari tudingan KKN selama pemerintahan Orde Baru. Namun dia membantah semua tudingan KKN itu dengan penjelasan dan bukti nyata.

Jika disimak dari perjalanan hidupnya, mulai semenjak kanak-kanak, pejuang cilik dan remaja, hingga perannya sebagai guru dan pengusaha pribumi, akan sangat bermanfaat bagi setiap orang yang mau menjadikan pengalaman (siapa pun) sebagai guru yang terbaik.

Perjalanan hidup tokoh ini pantas digugu dan ditiru. Kami menyebutnya, selain sebagai guru pengusaha, juga sebagai pejuang pengusaha pribumi atau pribumi pengusaha pejuang. Dia sangat peduli terhadap keberadaan pengusaha pribumi, tanpa membenci apalagi anti pengusaha nonpribumi.

Di samping itu, dia juga mengungkapkan kesedihan Pak Harto melihat kondisi bangsa dan negara dalam era reformasi ini. Redaksi | Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia Edisi 21 (06-2005)

 

Tokoh Terkait: Probosutedjo, Soeharto, | Kategori: Opini | Tags: Pengusaha, Guru, Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here