Peluncuran Buku Biografi Militer Sutiyoso

 
0
37
Peluncuran Buku Biografi Militer Sutiyoso
The Field General | Ensikonesia.com

[BERITA TOKOH] – LEADERSHIP The Field General – Pustaka Tokoh Indonesia menerbitkan buku Biografi Militer Sutiyoso THE FIELD GENERAL, Totalitas Prajurit Para Komando, yang diluncurkan pada Selasa, 15 Januari 2013, pukul 19.30 di Djakarta Theater, Jakarta, dalam sebuah acara yang dihadiri para undangan pejabat negara, jenderal, politisi, cendekiawan dan tokoh-tokoh dari berbagai kalangan.

Buku yang ditulis Ch. Robin Simanullang, Wartawan TokohIndonesia.com tersebut antara lain mengungkap operasi intelijen tempur terbatas (limited combat intelligence) yang dilakoni Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso selaku prajurit para komando (Kopassandha – Kopassus) di Kalimantan Barat, Timor Timur dan Aceh. Juga mengungkap perannya selaku Pangdam Jaya dalam mengatasi kerusuhan 27 Juli 1996.

Banyak hal menarik yang sebelumnya belum terpublikasi dikisahkan dalam buku ini. Di antaranya, bagaimana Sutiyoso (Kapten Infanteri, Kopassandha) disusupkan sendirian secara klandestin ke Timor Portugis atas penugasan Ketua G-1/Intelijen Hankam Mayjen TNI Benny Moerdani, 1974.

Banyak hal menarik yang sebelumnya belum terpublikasi dikisahkan dalam buku ini. Di antaranya, bagaimana Sutiyoso (Kapten Infanteri, Kopassandha) disusupkan sendirian secara klandestin ke Timor Portugis atas penugasan Ketua G-1/Intelijen Hankam Mayjen TNI Benny Moerdani, 1974. Disusul penyamaran tim The Blue Jeans Soldiers dalam Operasi Sandhiyudha Seroja (1975) yang melegenda dan belum pernah terpublikasikan. Di antaranya, kisah penyerangan markas tentara dan polisi di Suai, Timor Portugis, oleh Sutiyoso (bernama samaran Kapten Manix) dan pasukannya. Serta drama otentik bagaimana Sutiyoso mengevakuasi empat anggota pasukannya yang tertembak di tengah pengejaran tentara Fretilin.

Juga kisah spektakuler dan otentik penangkapan semua menteri, gubernur dan petinggi Gerakan Aceh Merdeka tanpa membunuh dan bahkan tanpa melepas sebutir peluru pun (1978). Hebat, luar biasa! Diawali drama penangkapan spektakuler Menteri Keuangan GAM di Medan yang akan berangkat ke Markas PBB New York.

Baik kisah operasi intelijen tempur (otentik) yang dilakoni Sutiyoso di Kalbar, Timor Timur, maupun di Aceh, tidak kalah seru dan spektakulernya dibanding film-film perang Hollywood (drama fiktif) tentara Amerika di Vietnam yang selalu amat menonjolkan kehandalan tentara Amerika.

Kendati buku ini hanyalah sekelumit kisah keprajuritan pasukan khusus TNI, penulisnya berharap, kiranya buku ini menjadi inspirasi bagi para penulis skenario dan sutradara film Indonesia untuk menampilkan kehandalan, heroisme, patriotik tentara Indonesia, khususnya pasukan elitnya, sebagaimana Hollywood mendramatisir kehebatan tentara Amerika. Berita TokohIndonesia.com | rbh

© ENSIKONESIA – ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Tokoh Terkait: Sutiyoso, | Kategori: Berita Tokoh – LEADERSHIP | Tags: Biografi Militer, Sutiyoso

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here