Pelawak Aneka Ria Safari

[ Eddy Sud ]
 
0
465
Eddy Sud
Eddy Sud | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Pemimpin grup lawak Kwartet Jaya (grup lawak senior era 1960-an), yang juga memimpin Aneka Ria Safari TVRI dekade 1980-an, Eddy Sud yang bernama lengkap Eddy Sudihardjo, meninggal dunia, Selasa 16 Agustus 2005 pukul 01.15, menjelang usianya genap 68 tahun. Pelawak senior ini lahir Desa Sayangan, Gondangwinangun, Klaten, 20 Agustus 1937.

Dia meninggal akibat komplikasi penyakit jantung, ginjal, lever, dan lainnya sehingga mengalami kegagalan fungsi organ-organ vital tubuh. Dia sempat dirawat tiga hari di RSUD Dr Moewardi, Solo. Jenazah disemayamkan di rumah putri keduanya, Dewi Cahyani, di Jalan Dr Wahidin Nomor 1, Solo. Kemudian sekitar pukul 14.00 dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Sayangan, Gondangwinangun, Klaten, Jawa Tengah.

Dia meninggalkan enam anak dan 10 cucu. Empat anaknya dari istri pertamanya, Lili Rosiana (almarhum), yakni Irawan Achmad, Dewi Tjahyani, Subuh Priyadi, dan Indah Safariani. Dan dua dari isteri keduanya Itje Trisnawati (cerai), yakni, Eka Sutrisnawati dan Eti Suryawati.

Beberapa bulan terakhir Eddy Sud seperti menderita tekanan psikis setelah perceraiannya dengan Itje Trisnawati. Bahkan menurut putrinya, Dewi Tjahyani, seminggu terakhir Eddy enggan makan. Kemdian sejak Minggu (14/8) dirawat di RSUD Moewardi.

Lulusan SMA De Brito Yogyakarta dan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, ini mengawali karier sebagai pelawak tahun 1960-an. Saat itu dia bersama Bing Slamet dan Iskak membuat grup lawak trio EBI. Kemudian tahun 1967 membentuk grup lawak Kwartet Jaya, setelah Ateng ikut bergabung.

Kwartet Jaya berkibar hingga awal 1980-an. Selain sering tampil di TVRI, keempat personelnya sempat menjadi bintang utama dalam beberapa film layar lebar. Kemudian, Eddy memimpin Aneka Ria Safari TVRI yang amat populer pada dekade 1980-an. Dia pun membesarkan Itje Trisnawati dalam acara Aneka Ria Safari TVRI itu, dan kemudian menikahinya dalam usia belia.

Beberapa bulan sebelum meninggal, nama Edy Sud sempat mencuat dalam pemberitaan tayangan infotainmen stasiun televisi menyusul perceraiannya dengan penyanyi dangdut Itje Trisnawati, April 2004. e-ti | tsl

Data Singkat
Eddy Sud, Pemimpin Aneka Ria Safari TVRI (1980-an) / Pelawak Aneka Ria Safari | Ensiklopedi | Klaten, gondangwinangun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here