Pionir Public Relations Nasional

[ Inke Maris ]
 
0
2162
Inke Maris
Inke Maris | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Peran Inke Maris dalam dunia public relations diakui ketika majalah bahasa Inggris Globe Asia memilihnya sebagai salah satu Powerful Women dalam daftar 99 wanita berpengaruh di Indonesia, dalam dua edisi majalah ini di tahun 2007 dan 2008.

Ketika memulai usaha dibidang public relations di tahun 1987 tekadnya adalah membangun usaha jangka panjang dan sekarang Inke Maris & Associates sudah berusia 25 tahun,  salah satu perusahaan dibidang ini yang terlama dan tertua, dibangun bersama suaminya Rizal Maris dan adik-adiknya, Alm.Hadi Natanegara dan Isma Natanegara, MBA.

Inke Maris layak disebut pelopor atau pionir bisnis di bidang industri jasa public relations (PR). Sebab pada saat itu perusahaan dan nilai-nilai PR masih belum begitu dimengerti di Indonesia.  Perusahaan PR lokal praktis belum banyak tumbuh.

IM&A murni kreasi anak bangsa, berafiliasi dengan agensi asing hanya sebatas saling memanfaatkan jaringan bisnis masing-masing untuk mutual benefit.

Ketika itu, Inke Maris berpikir bahwa di Indonesia akan berkembang bisnis nasional, regional dan internasional. Sebelumnya, Indonesia seolah tertutup terhadap bisnis asing sebab masih lebih melihat ke dalam. Sejak tahun 1987 investasi mulai banyak masuk, pesat sekali perkembangannya di luar bisnis ‘tradisional’ perusahaan minyak asing.

Itulah yang dilihat Inke sebagai peluang, bagaimana memudahkan perjalanan bisnis asing agar berkembang dengan baik di Indonesia. Sebab jika itu terjadi pasti akan membawa manfaat banyak buat Indonesia, karena bisa belajar dari para pelaku bisnis asing tersebut.  Dari Bisnis membuat mobil  hingga bikin sepatu, bisnis restoran sampai bisnis telekomunikasi dan bisnis dunia maya ataupun ,  bisnis  yang lain, dapat pula seiring ikut berkembang.

Dalam pandangan Inke, setiap organisasi bisnis, institusi atau pemerintah pasti mempunyai kewajiban serta kebutuhan untuk berkomunikasi dengan lingkungan. Dia pun lalu mendirikan Inke Maris & Associates (IM&A), tahun 1987, bergerak di bidang jasa pelayanan konsultasi komunikasi.

Pekerjaan pertama sebagai PR di tahun1988, adalah dipercaya menangani The World Grain Congress yang dihadiri oleh semua perusahaan penghasil gandum dan tepung terigu dari seluruh dunia, berlangsung di Indonesia, didukung oleh perusahaan gandum Bogasari. (Setelah itu, IM&A bertumbuh sedemikian rupa. Tidak hanya melayani lembaga dalam negeri atau nasional tetapi juga lembaga dan organisasi multinasional. Memang, IM&A didirikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, profesional, terpercaya, berintegritas, transparan dan bertanggungjawab sebab didukung oleh sebuah tim yang profesional dan terdidik.)

Di bawah  kepemimpinan Inke Maris, IM&A yang dalam perjalanan singkatnya mampu tampil menjadi salah satu perusahaan komunikasi terbaik di negeri ini, membagi jasa pelayanannya ke dalam Corporate & Public Affairs, Financial Communications, Issues and Crisis Management, Marketing Communications dan Social Marketing.

Dalam perjalanannya  IM&A menangani konperensi-konperensi internasional seperti Asian Auditor Generals Conference di Bali, Peluncuran pengiriman Gas Pertama dari P. Batam, dan p. Natuna  ke Singapura, dengan dihadiri kepala negara dan kepala pemerintahan negara tetangga, Peresmian oleh Presiden RI Conoco’s Floating Production Storage and Offloading facility,  juga Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban Development di Solo, th 2010 dan banyak lagi, Dalam hal  Financial PR, IM&A menjadi penyelenggara Komunikasi  pada Initial Public Offer,  dan Roadshow ke  kota-kota utama di Indonesia dan luar negri dalam rangka penawaran saham perdana Telkom, Aneka Tambang, BNI, Bank Mandiri,  dan Bank BCA,  selain itu,  perusahaan-perusahaan swasta seperti Lautan Luas, dan Alam Sutera,  property developer Gapura Perdana Prima dan banyak lagi (Hasil pencapaian Inke malah sangat  jauh berbeda dalam 10 tahun terakhir, saat jasa PR mulai memasuki area baru komunikasi politik  dan komunikasi pemerintah).

Perbedaan mencolok terjadi pula pada para pelaku bisnis nasional. Kalau dahulu klien IM&A lebih banyak perusahaan asing yang bergerak di Indonesia, sekarang, perusahaan Indonesia sendiri sudah memahami makna kehadiran komunikasi PR. Departemen dan lembaga pemerintah juga merasakan kebutuhan kehadiran konsultan komunikasi. Persaingan dalam industri jasa public relations bukan lagi sebatas persaingan bisnis,  tetapi termasuk dalam hal human resource, serta pekerjaan-pekerjaan yang sudah lebih banyak ditangani oleh divisi-divisi PR perusahaan.

Jika orang Indonesia sangat mengenal Inke Maris sebagai penyiar TVRI, di luar nama Inke lebih populer sebagai pelaku bisnis public relations yang mengantongi sejumlah klien berkelas multinational companies. Seperti, Mercedes Benz,  Phillip Morris, Volkwagen (VW), World Gold Council,  konglomerat Asia asal Malaysia Guthrie Berhad, proyek Australia-Indonesia Today ’94 dan Marketing Australia ’95, BP Indonesia-Tangguh LNG Project, Conoco Indonesia, Total Indonesie, Newmont, Singapore Airlines, Emirates Air, Hong Kong Tourism Board (HKTB), Tetrapak,  Fonterra,  Keppel Land,  Asatsu, Qatar Telecom  ketika mengakuisisi 67% saham Indosat senilai Rp14 Trilliun ), Indosat, Levis, L’oreal,  Glaxo Smith Kline,Beiersdorf,  Austindo Nusantara Jaya Agri, Zespri NZ,  juga  BII, Visa International, Commonwealth Bank  dan ANZ Bank . Deretan nama perusahaan perusahaan nasional yang pernah menjadi kliennya,  merupakan nama nama tidak asing,  seperti Indah Kiat Pulp and Paper,  Bank Internasional Indonesia,  Sinar Mas Group,  Jababeka,  Procon Indah,  Great River, Sejumlah pekerjaan Komunikasi  dimenangkan IM&A melalui proses tender di Departemen Kesehatan,  dan Departemen Budaya dan Pariwisata.  Lembaga lembaga internasional juga menggunakan jasa IM&A, seperti  Unicef, WHO, Ausaid ,  yang memberi bantuan pada Pusat Penelitian  Transaksi Keuangan,  Asian Development Bank yang memberikan bantuan dana untuk bidang komunikasi Badan Pemeriksa Keuangan RI.

IM&A hadir secara elegan sebagai pionir industri jasa PR Indonesia, yang tetap berada pada posisi leading untuk kasus-kasus terbaru dalam 10 tahun terakhir, seperti pelaksanaan jasa ke-PR- pada masa kampanye politik Pilpres 2004, dimana IM&A membentuk dan menjalankan Media Center SBY-JK.  Pada 13 Maret 2003 IM&A memperoleh penghargaan Cakram Award for Best Public Relations Consultant of The Year dari “Cakram”, sebuah majalah khusus insan periklanan, PR, dan industri komunikasi, atas keberhasilannya membangun citra dan reputasi sebagai perusahaan PR yang baik.  Ditahun 2009, T Inke Maris & Associates) memperoleh Honourable Mention dalam Asia Pacific Public Relations Awards yang diumumkan di Hong Kong pada kategori “Consumer Launch Campaign of the Year” untuk kliennya Zespri, sebuah perusahaan Selandia baru yang memasarkan buah Kiwi di Indonesia

Di bidang Marketing PR, klien klien IM&A juga tumbuh meliputi perusahaan asing,  dan perusahaan domestik, antara lain RPX, dan sekarang DHL Indonesia,  Deltomed, PT Darya Varia, PT. Tetra Pak Indonesia, Levi’s, L’Oreal Indonesia, Zespri,  Tetrapak dan Anlene. Untuk Anlene IM&A mendesain dan melaksanakan program tahunan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keropos tulang atau osteoporosis,  sejak tahun 2004 hingga sekarang.

Quality & Delivery

Inke menerapkan pada Inke  Maris & Associates  kiat sederhana memenangkan persaingan. Yakni harus men-deliver apa yang dijanjikan. Itu sebab Inke tak mau menjanjikan sesuatu jika memang tidak bisa dia deliver.  Selain menerapkan prinsip deliver what you promise, Inke Maris & Associates juga konsisten menjaga quality. Apa yang dijanjikan harus bisa diukur. Hal ini terutama penting bagi klien klien asing,  yang merupakan antara 65% – 70% dari portofolio Inke Maris & Associates selama ini.

Hampir dua dekade berkarya nama IM&A sudah lama tertanam di kalangan bisnis, tanpa melihat lagi reputasi yang disandang pendiri dan pemiliknya yang mantan spesialis pewawancara tokoh kelas tinggi. “Nggak perlu harus ada kehadiran saya di sana,” kata Inke. Inke membangun citra perusahaan IM&A secara profesional sebagai perusahaan yang bisa berjalan sendiri dengan ditopang tim konsultan yang berkualitas dipimpin oleh Managing Director Isma Natanegara MBA, Direktur Rizal  Maris Bsc, S2 Komunikasi,  dan Lawrence Tjandra BA, serta  konsultan  dan experts lain yang berpengalaman termasuk putra penerus bisnis ini,  Armand Maris.ST.

Jika di dalam negeri Inke sangat populer sebagai penyiar TVRI. Kalangan bisnis internasional hanya mengenal reputasi IM&A yang dibangun sebagai sebuah perusahaan PR profesional berkelas dunia. Lihat www.inkemaris.com.

Pembelajar PR

Dengan sumberdaya manusia yang prima, Inke Maris menakhodai biduk bisnisnya dan menumbuhkan  Inke Maris & Associates  menjadi beberapa perusahaan dibidang yang terkait dengan komunikasi strategis,  yaitu meliputi corporate dan financial communications,  marketing dan social marketing communications,  events management dan design graphics.

Kompetensi khusus dibidang special events management, menjadikan IM&A dipercaya untuk menangani Acara-acara besar yang melibatkan pimpinan tertinggi republik ini. Antara lain Hari Susu Nusantara, Hari Osteoporosis Nasional yang merupakan gerak jalan 10.000 langkah bersama Ibu Negara dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2009.

Inke pernah menangani acara besar melibatkan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dengan PM Malaysia Mahathir Muhammad di istana Tampaksiring Bali, dengan teleconference antara Tampaksiring Bali dengan  the Hang Tuah Platform Indonesia and the Duyong Platform Malaysia. Juga di Singapura, untuk klien Conoco Phillips di tahun 2003 acara peluncuran pipa gas Pulau Batam – Singapura,  ditandai oleh Presiden RI dengan PM Singapura Goh Chok Tong, Untuk Perusahaan Gas Negara Ketika pemerintahan sudah di tangan SBY Inke menangani acara SBY yang pertama, mengadakan teleconference dari Istana Negara dengan kapal produksi gas terbesar kedua di dunia milik Conoco. Peluncuran Universitas Pertahanan Indonesia/Indonesian Defense University dibuka oleh Presiden RI SBYdi Istana Merdeka dan  Seminar International :”Indonesia 2025: Tantangan Geopolitik dan Keamanan di Kementerian Pertahanan RI  tahun 2009 dan 2010.

Klien lama dan klien Inke sekarang termasuk sederet nama-nama dari dunia bisnis internasional, dan nasional,  juga lembaga pemerintah dan lembaga internasional. Bio TokohIndonesia.com | marjuka-hotsan

Data Singkat
Inke Maris, CEO Inke Maris & Associates (IM&A) / Pionir Public Relations Nasional | Ensiklopedi | CEO, Sunda, Dirut, reporter, presenter, tvri, penyiar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here