07 | Bebas, Siap Bertani

Probosutedjo
Probosutedjo | Tokoh.ID

Jakarta 12/3/2008: Setelah menjalani 2/3 masa hukuman, Probosutedjo mendapat pembebasan bersyarat dari tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung. Probo yang divonis empat tahun penjara atas kasus penyimpangan dana reboisasi itu dapat berkumpul kembali dengan keluarga. Probo berkeinginan melanjutkan berkarya dalam bidang pertanian.

Probo disambut isteri (Ratmani), putra-putri dan cucu, kerabat dan beberapa karyawan PT Mercu Buana di rumah kediamannya di Jalan Diponegoro 20, Jakarta Pusat, setelah keluar dari Lapas Sukamiskin pukul 05.30 WIB, 12 Maret 2008.

Probo terlihat sangat gembira bisa berkumpul lagi dengan keluarga. “Tentu saja saya bahagia bisa kembali ke rumah dan berkumpul dengan keluarga,” kata Probo, dalam suasana sukacita keluarga hari itu.

Probo sendiri masih menyatakan dirinya tidak bersalah, walau sudah divonis empat tahun dan menjalani 2/3 dari hukuman. (Pada 28 November 2005, dalam putusan kasasi MA, Probo divonis hukuman empat tahun penjara terkait kasus penyimpangan dana reboisasi untuk proyek pembangunan hutan tanam industri (HTI) di Kalimantan Selatan yang merugikan keuangan negara Rp 100,931 miliar. Selama du Lapas dia memperoleh remisi 6 bulan 25 hari).

Menurutmya, masalahnya menyangkut pinjaman yang belum jatuh tempo, tapi kenapa dipidanakan? “Ini tidak adil bagi saya. Tapi, ini kan untuk kepentingan hukum, harus saya jalani,” ujarnya pasrah.

Namun dia tidak mau larut dalam masalah itu. Di dalam penjara pun dia menggunakan waktu untuk hal-hal yang positif, antara lain dengan bercocok tanaman palawija. Dia pun akan menerapkan hal yang didalaminya di Lapas Sukamiskin di tengah masyarakat luas. Dia akan melanjutkan aktivitas yang dijalani selama di lapas, antara lain mengembangkan tanaman padi dengan pupuk organik. “Pengalaman saya di sana (lapas), kalau sesuai petunjuk bisa menghasilkan lebih banyak gabah,” jelas Probo.

Menurutnya, dengan pupuk organik, satu hektare sawah bisa menghasilkan 50 ton gabah. Setelah diproses menghasilkan 15 ton. Dengan demikian pendapatan petani pun bakal meningkat.

Probo berencana akan keliling Indonesia untuk mengembangkan hal ini. Dia akan memulai Sabtu (15/3) ini, dengan mengikuti panen bersama di Karawang. “Cara seperti itu lebih bisa menyejahterakan rakyat ketimbang terlibat dalam politik,” tegasnya. Probo menyatakan tidak berminat lagi berpolitik. crs

Data Singkat
Probosutedjo, Pendiri Mercu Buana Group / Tuduhan KKN Terus Menerpa | Ensiklopedi | Pengusaha, HTI, Pribumi
Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here