Pejuang Kesetaraan dan Keberagaman

[ Hendardi ]
 
0
352
Hendardi
Hendardi | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Hendardi, aktivis HAM, pejuang kesetaraan dan keberagaman, kelahiran Jakarta, 13 Oktober 1957. Ketua Badan Pengurus Setara Institute ini berjuang untuk mewujudkan perlakuan setara, plural dan bermartabat atas semua orang dalam tata sosial politik demokratis.

Itu pulalah visi Setara Institute, sebuah perkumpulan individual/perorangan yang didedikasikan bagi pencapaian cita-cita di mana setiap orang diperlakukan setara dengan menghormati keberagaman, mengutamakan solidaritas dan bertujuan memuliakan manusia.

Organisasi ini didirikan oleh orang-orang yang peduli pada penghapuskan atau pengurangan diskriminasi dan intoleransi atas dasar agama, etnis, suku, warna kulit, gender, dan strata sosial lainnya serta peningkatan solidaritas atas mereka yang lemah dan dirugikan.

Mereka percaya bahwa suatu masyarakat demokratis akan mengalami kemajuan apabila tumbuh saling pengertian, penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman. Namun, diskriminasi dan intoleransi masih terus berlangsung di sekitar kita bahkan mengarah pada kekerasan. Karena itu langkah-langkah memperkuat rasa hormat atas keberagaman dan hak-hak manusia dengan membuka partisipasi yang lebih luas diharapkan dapat memajukan demokrasi dan perdamaian.

Untuk itu, Setara Institute mengambil bagian untuk mendorong terciptanya kondisi politik yang terbuka berdasarkan penghormatan atas keberagaman, pembelaan hak-hak manusia, penghapusan sikap intoleran dan xenophobia.

Organisasi ini menjunjung nilai-nilai kesetaraan, kemanusiaan, pluralisme dan demokrasi. Misinya: Mempromosikan, pluralisme, humanitarian, demokrasi dan hak asasi manusia; Melakukan studi dan advokasi kebijakan publik dibidang pluralisme, humanitarian, demokrasi dan hak asasi manusia; Melancarkan dialog dalam penyelesaian konflik; dan, Melakukan pendidikan publik.

Organisasi ini menjunjung nilai-nilai kesetaraan, kemanusiaan, pluralisme dan demokrasi. Misinya: Mempromosikan, pluralisme, humanitarian, demokrasi dan hak asasi manusia; Melakukan studi dan advokasi kebijakan publik dibidang pluralisme, humanitarian, demokrasi dan hak asasi manusia; Melancarkan dialog dalam penyelesaian konflik; dan, Melakukan pendidikan publik.

Setara Institute ini beranggotakan individu-individu yang peduli pada promosi gagasan dan praksis pluralisme, humanitarian, demokrasi, dan hak asasi manusia, yang bersifat perorangan dan sukarela.

Organisasi (Lembaga Swadaya Masyarakat) ini dikelola secara profesional dengan tiga lembaga Managemen Organisasi yakni Dewan Nasional, Badan Pengurus dan Badan Pendiri. Dewan Nasional diketuai Azyumardi Azra dan Sekretaris Benny Soesetyo, serta Anggota Kamala Chandrakirana, M. Chatib Basri dan Rafendi Djamin.

Badan Pengurus diketuai Hendardi; Wakil Ketua: Bonar Tigor Naipospos; Sekretaris: R. Dwiyanto Prihartono; Wakil Sekretaris: Damianus Taufan; Bendahara: Ade Rostina Sitompul; Manager Program: Ismail Hasani.

Badan Pendiri, terdiri dari Abdurrahman Wahid, Ade Rostiana S, Azyumardi Azra, Bambang Widodo Umar, Bara Hasibuan, Benny K. Harman, Benny Soesetyo , Bonar Tigor Naipospos, Budi Joehanto, Damianus Taufan, Despen Ompusunggu, Hendardi, Ismail Hasani, Kamala Chandrakirana, Luhut MP Pangaribuan, M. Chatib Basri, Muchlis T, Pramono Anung W, Rachlan Nashidik, Rafendi Djamin, R. Dwiyanto Prihartono, Robertus Robert, Rocky Gerung, Saurip Kadi, Suryadi A. Radjab, Syarif Bastaman, Theodorus W. Koerkeritz, dan Zumrotin KS. Penulis: Tian Son Lang | Bio TokohIndonesia.com

Data Singkat
Hendardi, Ketua BP Setara Institute / Pejuang Kesetaraan dan Keberagaman | Direktori | Advokat, HAM, LSM, Setara Insitute

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here