Politisi Perencana Pembangunan

[ Paskah Suzetta ]
 
0
59
Paskah Suzetta
Paskah Suzetta | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Bendahara DPP Partai Golkar yang menjabat Ketua Komisi XI DPR Drs HM Paskah Suzetta, MBA, dipercaya menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, menggantikan Sri Mulyani Indrawati yang kemudian menjadi Menteri Keuangan, dilantik Rabu 7 Desember 2005.

Paskah Suzetta, politisi kelahiran Bandung, 6 April 1953, mendapat kesempatan menjabat menteri sehubungan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu, khususnya tim ekonomi, yang dinilai gagal dalam satu tahun masa kerjanya, sehingga terpaksa direshuffle.

Kegagalan Kabinet Indonesia Bersatu yang dicoba diatasi dengan melakukan perombakan terbatas anggota kabinet itu, diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gedung Agung Yogyakarta, Senin (5/12) pukul 21.00. Tiga nama baru masuk kabinet, tiga menteri diberhentikan, dan tiga menteri dirotasi.

Seusai pengumuman reshuffle kabinet, Paskah Suzetta mengatakan, ia sudah kerap berinteraksi dengan Menneg PPN dan Kepala Bappenas terdahulu dalam berbagai rapat kerja di Komisi XI DPR. Dengan demikian, dia berharap dapat segera bekerja melanjutkan program Bappenas.

Ketua Komisi XI DPR Paskah Suzetta, ditunjuk menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, menggantikan Sri Mulyani Indrawati yang dipercaya menjadi Menteri Keuangan yang sebelumnya dijabat Yusuf Anwar.

Mantan menteri keuangan pada kabinet Megawati Soekarnoputri, Boediono, dibujuk menjabat Menteri Koordinator Perekonomian, menggantikan Aburizal Bakrie yang digeser menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, yang sebelumnya dijabat Alwi Shihab.

Bendahara Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR Erman Suparno, dipercaya sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, menggantikan Fahmi Idris yang digeser menjadi Menteri Perindustrian.

Dua dari tiga nama yang keluar dari kabinet yakni Jusuf Anwar (Menteri Keuangan), dan Alwi Shihab (Menko Kesra), menurut Presiden SBY, akan ditempatkan menjadi duta besar dan utusan khusus presiden untuk Timur Tengah. Sementara, Andung Nitimihardja (Menteri Perindustrian) akan ditentukan kemudian.

Politisi Golkar
Paskah Suzetta, politisi Golkar, sebelumnya aktif di Komisi IX DPR-RI bidang Keuangan dan Perencanaan Pembangunan. Dia sudah empat periode duduk sebagai anggota DPR dari Golongan Karya. Tahun 1992-1997 duduk di Anggota Komisi IV, 1997-1999 di Komisi III.

Tahun 1999-2004 sebagai Anggota Komisi IX (Keuangan dan Perencanaan Pembangunan) DPR RI, Anggota Pansus PKBB DPR RI, Anggota Pansus RUU Amandemen Bank Indonesia. Kemudian tahun 2004terpilih lagi menjadi anggota DPR (Fraksi Golkar) dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Lulusan FISIP Unpad Bandung (1990) ini menikah dengan Nyanyu Ranni Zahindun dan dikaruniai tiga orang anak. Keluarga ini tinggal di Jl Situsari II No 10, Bandung, Jawa Barat. Telp. 021- 7989623; 0818-223353 e-ti | crs

Data Singkat
Paskah Suzetta, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (2005-2009) / Politisi Perencana Pembangunan | Direktori | DPR, MPR, Menteri, Bappenas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here