Dianggap Aji Mumpung

[ Ussy Sulistiawati ]
 
0
211
Ussy Sulistiawati
Ussy Sulistiawati | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Wajahnya semakin dikenal publik setelah membawakan acara Kontes Dangdut TPI dan infotainment Kabar-Kabari. None Jakarta Utara 1999 ini dianggap aji mumpung saat terjun ke dunia tarik suara. Sama seperti kaum selebriti lainnya, kehidupan pribadinya juga tak luput dari sorotan wartawan hiburan.

Karir keartisan perempuan kelahiran Jakarta 13 Juli 1980 ini dimulai dari panggung ajang pemilihan Abang None Jakarta Utara 1999. Setelah itu, ia mengikuti beberapa casting hingga akhirnya ia berhasil terpilih menjadi bintang iklan sebuah produk. Ussy kemudian merambah dunia seni peran dengan membintangi sejumlah judul sinetron. Sinetron yang pernah dibintanginya antara lain Tergiur, Jurangan Lenong, Cintaku Di Rumah Susun 1&2, Habibi dan Habibah, serta Samson Betawi.

Dari akting, Ussy menjajal kemampuannya dalam memandu acara. Dua program acara televisi terkenal yang pernah dibawakan Ussy adalah Kontes Dangdut TPI dan infotainment Kabar-Kabari.

Ibu angkat bocah perempuan bernama Nur Amalia Putri ini pada tahun 2004 pernah mendapat cobaan yang cukup berat dalam hidupnya. Ia divonis dokter bahwa di dalam perutnya terdapat sel kanker rahim dan endometriosis (jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim dan ikut berkembang sesuai dengan siklus haid). Meski sulit, Ussy menerima kenyataan itu dengan lapang dada dan pasrah.

Ussy mengaku sudah merasakan gejala penyakit itu sejak dulu. “Kalo menstruasi sampe pingsan-pingsan,” ungkap bintang iklan dan sinetron itu seperti dikutip dari situs kapanlagi.com. Ketika pertama kali diperiksa, terdapat endometriosis jinak di rahim Ussy. Namun pada pengecekan kedua, dokter menemukan sel kanker rahim yang harus segera diangkat. Untuk itulah, wanita berpostur 163 centimeter dan berat 49 kilogram ini berangkat ke Singapura pada Agustus 2004 untuk melakukan pengangkatan sel kanker.

Usai operasi, perempuan berkulit putih bersih ini dihinggapi pertanyaan pelik. Ia penasaran dengan pengaruh penyakit itu pada rahimnya. Sebab, endometriosis kerap menjadi salah satu kendala yang menghambat untuk memperoleh keturunan. “Kan aku pengen suatu hari punya anak,” tutur penyuka olahraga golf itu.

Kehidupan asmara Ussy Sulistiawati juga tak semulus perjalanan karirnya di dunia hiburan. Wanita berzodiak Cancer ini pernah menjalin kasih dengan mantan suami Yuni Shara, Raymond Manthey. Sayang hubungannya dengan pria yang usianya terpaut cukup jauh itu ditentang ibunda Ussy. Lepas dari pelukan Raymond, Ussy berpacaran dengan sesama pesinetron, Shandy Syarif di tahun 2004. Namun jalinan asmaranya kembali putus di tengah jalan.

Setelah bercerai, Ussy kembali bangkit dan membangun karirnya. Ia kemudian ikut terseret tren saat banyak pemain sinetron yang mencoba peruntungannya di jalur tarik suara. Ussy yang pernah menjadi jawara Celebrity Jam yaitu kontes menyanyi para selebritis yang pernah tayang di ANTV beberapa tahun lalu, merilis debut album solonya yang diberi tajuk It’s Me Ussy pada awal Agustus 2007.

Tanpa banyak diketahui media, Ussy memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya dengan menerima pinangan seorang pengusaha asal Kalimantan, Yusuf Sugianto pada 12 Agustus 2005. Pernikahan ini sempat mengecoh wartawan karena sebelumnya Ussy mengumumkan akan melangsungkan pernikahannya pada 16 Agustus. Setelah resmi menjadi Ny Yusuf, Ussy dinyatakan positif mengandung janin buah cintanya dengan sang suami. Kekhawatiran Ussy saat divonis mengidap kanker dalam rahimnya tahun 2004 ternyata tak terbukti.

Baru lima bulan menikah, biduk rumahtangga Ussy diterpa badai. Ussy yang saat itu usia kandungannya baru menginjak usia lima bulan begitu terpukul ketika suaminya dikabarkan terjerat kasus illegal logging. Selain tudingan yang cukup serius itu, Yusuf juga dihadapkan pada tuduhan tindak penganiayaan terhadap seorang wartawan grup Kompas. Tak kuat menghadapi tudingan yang kian menyudutkan itu, kesehatan Ussy merosot drastis bahkan sempat jatuh pingsan.

Di tengah masalah pelik yang tengah menghimpitnya, Ussy melahirkan anak pertamanya yang kemudian diberi nama Syafa Al Zahra pada 10 April 2006 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Tak lama setelah melahirkan, Ussy melayangkan gugatan cerai pada Yusuf. Sabtu, 9 Desember 2006. Pasangan itu akhirnya resmi berpisah setelah Ketua Majelis Hakim Drs Muhammad SH mengabulkan gugatan cerai Ussy terhadap Yusuf di Pengadilan Agama (PA) Pangkalan Bun, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Setelah bercerai, Ussy kembali bangkit dan membangun karirnya. Ia kemudian ikut terseret tren saat banyak pemain sinetron yang mencoba peruntungannya di jalur tarik suara. Ussy yang pernah menjadi jawara Celebrity Jam yaitu kontes menyanyi para selebritis yang pernah tayang di ANTV beberapa tahun lalu, merilis debut album solonya yang diberi tajuk It’s Me Ussy pada awal Agustus 2007. Album ini sekaligus menjadi produksi pertama promotor konser musik kawakan Adrie Subono sebagai produser album rekaman di bawah bendera JAVA Musikindo Productions. Adrie Subono cukup serius menggarap album Ussy. Album yang menjagokan dua hits Klik dan Rock itu mendapat sambutan yang cukup lumayan. Walau tak sedikit orang yang masih meragukan kemampuannya.

Artis serba bisa yang telah menunaikan ibadah haji ini kerap kali menjadi sasaran gosip berkaitan dengan kedekatannya bersama beberapa pria, termasuk aktor dan model Dimas Seto. Namun sejak pertengahan 2009, Ussy diketahui menjalin cinta dengan aktor film dan bintang sinetron yang 6 tahun lebih muda darinya, Andhika Pratama. Walau terpaut usia yang cukup jauh namun keduanya semakin terlihat serius meski belum ada rencana untuk segera menikah.

Setelah beberapa tahun asyik menikmati profesi barunya sebagai penyanyi, Ussy pun mulai kembali ke dunia sinetron yang pernah membesarkan namanya dengan membintangi sebuah serial berjudul 4 Istri yang ditayangkan salah satu stasiun TV swasta. Ussy juga sering terlihat aktif di dunia teater bersama sang kekasih.

Meski telah kembali ke bidang seni peran, Ussy juga semakin serius di dunia tarik suara dengan merilis album keduanya di tahun 2009 yang diberi judul The Other Side of Me. Ussy juga tampil berduet dengan band Domino dalam lagu berjudul Its You. Setelah album sebelumnya digarap Java Musikindo, kali ini Ussy berpindah label dan merilis single pertama berjudul Cinta Kamu, Titik!. Mengenai single terbarunya itu, putri Hj Nila Rosita ini mengaku merasa puas. Sebab single seperti inilah yang diinginkan oleh para penggemarnya.

Ussy menuturkan, jika di hits sebelumnya yang berjudul Klik dan Rock banyak menuai komentar macam-macam dari pendengarnya, namun untuk lagu Cinta Kamu, Titik! banyak mendapat komentar bagus di Facebooknya. “Kalau lagu pertama yang judulnya Klik terus yang kedua kan Rock, komentar orang, udah lah Ussy jangan macem-macem. Pas lagu ini, orang pada komen di FB, nah ini dong seharusnya, emang sih lagunya nggak susah diikutin,” ujar penyanyi yang jika tampil di luar tak pernah mau tampil minus one ini. eti | muli, red

Data Singkat
Ussy Sulistiawati, Model, Aktris, Pembawa acara, Penyanyi / Dianggap Aji Mumpung | Selebriti | Penyanyi, cantik, model, Pembawa acara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here