Presenter Bertitel ‘Sarjana Hiburan’

[ Donna Agnesia ]
 
0
325
Donna Agnesia
Donna Agnesia | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Nama model dan bintang iklan ini mulai mendapat tempat di dunia presenter setelah tampil memandu acara siaran langsung Piala Dunia Sepak Bola 2006 di sebuah stasiun televisi swasta. Pilihannya itu sudah diganjar beberapa penghargaan diantaranya Presenter Sport Terfavorit versi Panasonic Gobel Award 2011.

Pemilik nama lengkap Donna Agnesia Wayong ini lahir di Jakarta pada 8 Januari 1979. Sejak kecil, Donna sudah memupuk cita-citanya untuk menjadi seorang notaris. Impian masa kecil itulah yang pada akhirnya mendorong Donna untuk berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung. Donna memang berhasil merampungkan studinya dan berhak atas gelar Sarjana Hukum. Akan tetapi jalan hidup berkata lain, bukannya menjadi notaris, Donna justru memilih berkiprah di dunia hiburan.

Bagi perempuan seperti Donna yang dianugerahi paras jelita serta postur tubuh tinggi semampai, tidaklah sulit untuk terjun ke dunia yang menjanjikan gelimang popularitas dan materi itu. Dunia modeling pun dipilih putri pasangan Edwin Yoseph Wayong dan Wendy Shirley O’Keefe ini sebagai langkah awal debutnya dalam menapaki industri hiburan Tanah Air. Berbagai ajang pemilihan model diikutinya, antara lain Putri Ayu Indonesia 1995, Putri LA Bandung 1993, Putri Batik Indonesia 1994, dan Foto Model Jeans Contest 1994.

Sejak saat itu, wajahnya banyak menghiasi sampul majalah ternama ibukota seperti Femina, FHM, Wanita Indonesia, Kosmopolitan, Nova, Kartini, dan masih banyak lagi. Selain sebagai model foto, Donna juga laris manis sebagai model catwalk berlenggak lenggok mengenakan busana indah karya desainer ternama sekaliber Sebastian Gunawan, Marga Alam, Widhi Budimulia, hingga Chossy Latu.

Popularitas yang kian meroket di panggung modeling membuat penggemar masakan Sunda dan Jepang ini kebanjiran tawaran berakting. Di penghujung tahun 90-an, Donna sempat tampil sebagai pemeran pendukung dalam sinetron produksi starvision, Gerhana. Kebolehan akting Donna juga bisa disaksikan pemirsa televisi dalam sitkom Lola dan liliput, sinetron Tentang Dia, serta film layar lebar bergenre horror, Gerbang 13.

Kesibukannya berkecimpung di dunia hiburan dengan jadwal kerja yang tak kenal waktu, sempat membuat Donna diolok-olok keluarganya. Oleh sang ayah, gelar SH (sarjana hukum) yang ia raih malah diplesetkan menjadi ‘Sarjana Hiburan’. Meski demikian, Donna yang seakan telah menemukan dunianya di jagad hiburan Tanah Air tetap fokus membangun karirnya.

Nama Donna Agnesia baru benar-benar mencuri perhatian publik setelah merambah dunia presenter sekitar tahun 2006 saat memandu acara siaran langsung World Cup 2006 di SCTV. Saat itu presenter perempuan yang membawakan acara olahraga, khususnya sepak bola, masih terhitung langka. Meski memandu acara olahraga yang identik dengan kaum Adam itu, Donna terbilang cukup fasih saat berbicara soal tim-tim sepak bola dunia. Sejak kemunculan Donna itu, stasiun tv lain berlomba-lomba menghadirkan presenter-presenter perempuan untuk membawakan acara olahraga.

Nama Donna Agnesia baru benar-benar mencuri perhatian publik setelah merambah dunia presenter sekitar tahun 2006 saat memandu acara siaran langsung World Cup 2006 di SCTV. Saat itu presenter perempuan yang membawakan acara olahraga, khususnya sepak bola, masih terhitung langka. Meski memandu acara olahraga yang identik dengan kaum Adam itu, Donna terbilang cukup fasih saat berbicara soal tim-tim sepak bola dunia.

Predikat selebriti mau tak mau mulai disandangnya. Sejak itu, anak kedua dari tiga bersaudara ini tak pernah sepi dari terpaan gosip seputar kehidupan pribadinya. Nama Donna sempat ramai dibicarakan saat menjalin cinta dengan model Didi Riyadi. Putus dari Didi, Donna jatuh ke pelukan Okan Cornelius meski akhirnya hubungan itu kandas di tengah jalan padahal keduanya sudah merencanakan pernikahan. Tak lama setelah perpisahannya dengan Okan, Donna kembali membuat berita saat memutuskan melepas masa lajangnya dengan Darius Sinathrya.

Selain terkesan terburu-buru, Darius yang juga dikenal sebagai presenter sepak bola itu berusia enam tahun lebih muda dari Donna. Walaupun begitu, perbedaan usia tak menghalangi pasangan muda ini melangkah ke altar perkawinan. Pada 30 Desember 2006, keduanya melangsungkan pemberkatan perkawinan di Gereja Katolik St. Catharina.

Rumah tangga pengantin baru itu kian semarak dengan kehadiran putra pertama mereka, Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro yang lahir pada 28 Juni 2007. Pada 5 Mei 2009, pasangan itu kembali dikaruniai putra yang diberi nama Diego Andres Sinathrya. Kecintaan Donna-Darius pada sepakbola tercermin pada nama depan kedua putranya yang terinspirasi dari nama pesepakbola dunia yakni Lionel Messi dan Diego Maradona. Kebahagiaan keluarga kecil itu kian lengkap setelah kelahiran anak ketiga berjenis kelamin perempuan, Quinesha Sabrina Sinatriya, pada 1 Mei 2011.

Jika banyak kaum pesohor yang menunda menikah karena takut popularitas merosot, hal itu tak berlaku bagi Donna dan Darius. Justru setelah menikah dan punya anak, keduanya makin eksis di layar kaca. Meski belakangan Donna lebih banyak sibuk di rumah mengurus anak-anaknya yang masih balita. Namun ia tetap mendorong karir sang suami yang sinarnya kian benderang tak hanya di bidang presenter namun juga seni peran.

Meski menikmati perannya, Donna dan suami sadar bahwa mereka tak selamanya mencari nafkah di dunia hiburan. Atas dasar itu, pasangan suami istri ini mulai berbisnis demi masa depan mereka di hari tua. Bisnis yang mereka pilih tak jauh-jauh dari hobi sepakbola, yakni penyewaan lapangan futsal. Pada Juni 2009, keduanya meresmikan lapangan futsal di bilangan SCBD, Kawasan Niaga Sudirman. Donna juga memulai bisnis di bidang makanan dengan membuka restoran kecil-kecilan.

Meski berstatus sebagai ibu tiga anak, aura bintang seorang Donna Agnesia masih memiliki magnet tersendiri. Buktinya, di usianya yang sudah kepala tiga, ia berhasil terpilih sebagai brand ambassador pertama, produk kecantikan ternama asal Swedia, Oriflame. Pengagum novelis Sidney Sheldon ini dinilai sebagai sosok yang tepat, tidak hanya sekadar cantik tapi juga memiliki reputasi yang baik sebagai profesional, ibu, dan istri. “Nggak sangka dan ada kebanggaan, karena ternyata usaha aku menjaga memelihara kecantikan tidak sia-sia, dengan jadi grand ambassador ada yang apresiasikan,” ujarnya Donna dengan penuh antusias seperti dikutip situs hiburan kapanlagi.com.

Sebelumnya Donna juga mencetak prestasi di ajang penghargaan Panasonic Gobel Award 2011 setelah terpilih sebagai Presenter Sport Terfavorit. Penghargaan itu dirasa begitu istimewa sebab inilah pertama kalinya Donna berhasil menggeser posisi Darius yang sudah empat kali berturut-turut memenangkan kategori tersebut. Meski begitu, ia tak lupa mengucapkan terima kasih untuk Darius, suami sekaligus mentornya di dunia presenter. eti | muli, red

Data Singkat
Donna Agnesia, Presenter / Presenter Bertitel ‘Sarjana Hiburan’ | Selebriti | Unpad, cantik, presenter, sepakbola, aktris, model, acara olahraga

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here