Tidak Sengaja Jadi Artis

[ Afgan ]
 
0
105
Afgan
Afgan | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Menggeluti dunia seni suara dan seni peran bukanlah sesuatu yang direncanakan, namun kemampuannya mengolah suara menempatkannya menjadi salah satu artis papan atas di Indonesia.

Muncul pertama kali di tahun 2008, nama Afgan Syah Reza sebagai solois muda di kancah musik pop langsung mencuri perhatian masyarakat. Suaranya yang khas, kemampuan olah vokalnya yang di atas rata-rata, serta ditunjang penampilannya yang enak dipandang membuat popularitasnya meroket dalam sekejap.

Pria kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini dibesarkan di tengah keluarga yang suka menikmati musik. Sejak di bangku sekolah menengah, Afgan juga sudah sering didaulat untuk menyanyi meskipun selalu ditampiknya karena malu. Ia berkecimpung di dunia hiburan sebagai penyanyi profesional secara tidak disengaja. Semua berawal saat ia dan teman-temannya berkunjung ke WannaB Instant Recording Studio. Di studio ini mereka menyanyi dan merekamnya dalam CD untuk koleksi pribadi.

Tanpa diduga sebelumnya, bakat Afgan dalam bernyanyi dilirik oleh Produser WannaB yang langsung menawarinya rekaman. Awalnya ia ragu tapi akhirnya menerima juga dan ia langsung masuk dapur rekaman. Meskipun sempat dihinggapi rasa kurang percaya diri, album perdananya Confenssion No.1 akhirnya dirilis Januari 2008. Album yang diproduksi oleh WannaB Production dan didistribusikan oleh PT Sony-BMG itu mendapat respon positif dari khalayak, bahkan mampu menempati posisi tertinggi di tangga lagu radio dan televisi dengan nomor andalannya, “Terima Kasih Cinta”.

Dengan mengusung warna musik yang dipengaruhi pop, soul, R&B dan jazz, album tersebut melibatkan musisi ternama, seperti Fajar LMN, Deddy Dhukun, Dian HP dan Bebi Romeo sebagai komposer.

Setelah meraih sukses dengan album pertamanya, setahun kemudian putra pasangan Lola Purnama dan Loyd Yahya itu mulai menjajal kemampuannya dalam berakting. Namun, karena masih meragukan kemampuan beraktingnya, ia hanya berani menerima tawaran untuk bermain sebagai dirinya sendiri (cameo) dalam film layar lebar berjudul “Bukan Cinta Biasa” yang dibintangi aktris muda Olivia Lubis. Dalam film ini anak kedua dari empat bersaudara ini tak hanya berperan sebagai cameo tapi juga menyanyikan soundtrack dengan judul yang sama.

Di bidang vokal, kesuksesan album perdananya itu juga membuat Afgan semakin terpicu untuk kembali berkarya. Agustus 2009, album keduanya yang bertitle The One pun dirilis. Meski konsisten di jalur pop, di album ini Afgan sedikit memberikan sentuhan baru dengan mengusung musik tahun 60-an.

Karirnya sebagai penyanyi solo yang semakin menanjak ditandai dengan prestasi yang diraihnya beberapa peghargaan di dunia tarik suara. Dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2009, Afgan meraih penghargaan sebagai Penyanyi Pria Solo Terbaik melalui lagu Terima Kasih Cinta. Prestasinya pun tak hanya mengemuka di dalam negeri. Namun juga sampai di negeri Jiran, Malaysia. Masih di tahun yang sama, namanya juga masuk menjadi nominasi ajang penghargaan Anugerah Planet Muzik 2009. Selain mengusung lagu-lagu yang bertema cinta, di bulan Ramadhan tahun 2009, Afgan juga membawakan lagu bernuansa religi berjudul Pencari JalanMu.

Selain karena karyanya, di mata fansnya yang kebanyakan kaum hawa itu, pria berdarah minang ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Karena daya tariknya itu pula, banyak perusahaan yang meminang pemilik lesung pipi itu menjadi bintang iklan produk mereka. Salah satunya, produk kecantikan ternama, Pond’s. Dalam iklan tersebut, Afgan tak hanya tampil sebagai bintang iklan tapi juga menyanyikan lagu Wajahmu Mengalihkan Duniaku. Selain Pond’s, wajahnya juga tampil dalam beberapa iklan, seperti Ardilles, Panadol Cold & Flu, Honda, IM3 Indosat, dan Andec Boneeto.

Di penghujung 2009, Afgan kembali menunjukkan kemampuan beraktingnya dalam film CINTA 2 HATI. Di film keduanya ini, penggemar makanan Itali ini tak lagi berperan sebagai cameo. Kali ini porsi aktingnya jauh lebih kentara, karena ia tampil sebagai pemeran utama bersama Olivia Lubis. Selain tampil sebagai aktor, ia juga menyanyikan soundtracknya, Cinta Dua Hati.

Pencapaiannya yang terbilang luar biasa untuk pemuda seusianya tak membuat Afgan terlena pada popularitas yang telah ia genggam. Banyaknya tawaran yang mengalir tentunya semakin membuat materinya berlimpah. Hal itu pun tak disia-siakannya, di usianya yang masih muda belia itu, Afgan tergolong orang yang cakap dalam mengelola keuangannya. Ia pun berbisnis fashion. Untuk menjalankan usahanya itu Afgan menggandeng desainer dari Jerman untuk memproduksi kaos dengan pangsa pasar remaja dengan mengusung merek Underneeth the Hood. Mungkin produk serupa sudah banyak di pasaran, namun yang membuat berbeda, kaos-kaos produksinya menggunakan tema agama dan sosial. e-ti | muli,red

Data Singkat
Afgan, Penyanyi / Tidak Sengaja Jadi Artis | Selebriti | Penyanyi, ganteng, lagu cinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here