Siap Jadi Mitra

[ Abdul Jabbar Toba ]
 
0
40
Abdul Jabbar Toba
Abdul Jabbar Toba

Hanya Ir. H. Abdul Jabbar Toba yang termasuk muka lama dari empat anggota DPD RI dapil Sulawesi Tenggara periode 2014-2019. Pria kelahiran Bulukumba, 7 Agustus 1944 ini berhasil mengumpulkan 52.204 suara pada Pemilu 2014.

Sebelum terpilih sebagai anggota DPD pada tahun 2009, Abdul Jabbar Toba meniti karier sebagai PNS di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sulawesi Tenggara (1983-2000) dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Selayar Provinsi Sulawesi Selatan (1983). Sejumlah organisasi pernah ia ikuti di antaranya menjadi Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Cabang Kendari sampai tahun 2000, Wakil Ketua Perhimpunan Ekonomi Pertanian (PERHEPI) Kendari dan Perhimpunan Penyuluh Pertanian (PERHIPTANI) Kendari.

Dalam menjalankan tugas sebagai anggota DPD, Abdul Jabbar Toba mempunyai beberapa rencana dan wacana diantaranya wacana untuk membuat bank yang khusus melayani petani, nelayan, dan UMKM. Sebab selama ini, perhatian sektor perbankan ke petani dan nelayan sangat minim. Sementara petani dan nelayan butuh modal untuk meningkatkan produktivitas.

Hal lain yang mendapat perhatian anggota Komite IV DPD RI ini adalah ingin menjadikan Sultra sebagai daerah yang makmur, sejahtera, maju, mandiri dan setara dengan daerah lain di Indonesia. Ia menyatakan siap bekerja keras dan menjadi mitra bagi pemerintah provinsi itu untuk mempercepat pembangunan yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Agar lebih bisa memahami aspirasi masyarakat, lulusan Universitas Hasanuddin, Fakultas Pertanian, Ujung Pandang (1978) ini rutin melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama masyarakat. Salah satunya, Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama mahasiswa di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE 66) Kendari, Minggu (11/2/2018). Kegiatan ini mengusung tema, “Arah dan Tahapan Pembangunan Bidang Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan.”

Pemateri dalam RDP tersebut adalah Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muh Jufri Dewa, SH., MH dan Dr. Jamaluddin HOS, M.Si. Dalam kegiatan RDP itu, mahasiswa dan dosen antusias memberikan saran dan pertanyaan kepada Abdul Jabbar Toba. Saran-saran tersebut antara lain, masalah ancaman ideologi bangsa Indonesia, ketahanan nasional, kesejahteraan maupun pendidikan.

“Semua saran dan pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa tadi, kita rekam dan catat, selanjutnya kita buatkan laporan ke MPR RI melalui Badan Pengkajian untuk ditindaklanjuti,” ujar Wakil Ketua Badan Kehormatan DPD-RI (2018-2019) ini.

Abdul Jabbar Toba juga rutin menyosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-undang dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. Salah satunya, kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan bekerjasama dengan Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sabtu (8/9/2018).

Pada acara yang dihadiri sekitar 100 mahasiswa itu, Abdul Jabbar Toba mengatakan bahwa mahasiswa saat ini perlu memperkuat dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan di dalam jiwa mereka, untuk mencegah agar tidak terpengaruh dan tergelincir dengan hal-hal yang dapat merusak tatanan bangsa. Abdul Jabbar Toba juga mengingatkan mahasiswa, agar tidak menerima berita hoax, karena hal ini dapat menimbulkan perpecahan dan konflik antar masyarakat. Bio TokohIndonesia.com | pan, red

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here