Dianugerahi Medali Guru Bangsa

 
0
85

Dianugerahi Medali Guru Bangsa

[BERITA TOKOH] – – Jakarta 9/5/2005: Mantan Gubernur DKI Jakarta 1966-1977, Ali Sadikin, yang akrab dipanggil Bang Ali, dianugerahi medali dan penghargaan sebagai guru bangsa oleh Yayasan Ikatan Alumni Institut Kesenian Jakarta (YIA-IKJ) dalam acara “Terima Kasih Bang Ali” di Graha Bakti Budaya (GBB) Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, 9/5/2005. Dia dinilai sangat berjasa dalam memelopori pembangun Jakarta menjadi kota megapolitan serta mendirikan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Menurut Ketua IA-IKJ Banget Hari Sabar, Bang Ali adalah sosok pejuang sejati yang konsisten, jujur, tegas berani dan memiliki empati kepada seluruh lapisan masyarakat. Lalu, untuk menghormati perjuangannya dalam mengarungi dinamika bangsa, YIA-IKJ menganugerahinya medali dan penghargaan sebagai guru bangsa.

Selain menerima medali dan penghargaan sebagai guru bangsa, Bang Ali juga menerima penghargaan berupa potret dan lukisan dirinya, yang dilukis oleh Haris Jauhari yang anggota YA-IKJ. Juga menerima Baju batik dari Poppy Dharsono, puisi dari Sys N.S, dan kolaborasi musik oleh pianis Marusia Nainggolan dan Made. “Semua ini adalah bentuk penghargaan alumni IKJ kepada Bang Ali,” tegas Hari Sabar.

Bang Ali tampak sangat terharu dan kaget, atas penghargaan itu. Dia mengaku tidak tahu akan diberi anugerah itu. Apalagi dia tidak menyangka banyak tokoh-tokoh yang hadir dalam acara itu.

Acara itu memang dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Wakil Gubernur Fauzi Bowo, Mantan Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto, tokoh perfileman Sys N.S dan tokoh teater Ratna Sarumpaet. Walaupun Direktur dan Rektor IKJ tidak hadir, yang sedikit membuat Bang Ali kecewa.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso yang akrab dipanggil Bang Yos, menandatangani peresmian berdirinya YA-IKJ.  Bang Yos mengatakan, sangat bangga atas sosok Bang Ali dan dianugerahi penghargaan Guru Bangsa. “Pemprov DKI mengucapkan selamat kepada Bang Ali,”katanya.

Bang Yos mengaku mengangkat Bang Ali sebagai penasehat dan gurunya. Gubernur Jakarta yang baru saja menerima penghargaan sebagai gubernur paling kreatif itu menilai Bang Ali sebagai sosok yang tegas, prinsip, dan tidak takut dikecam. Bang Yos melihat Bang Ali punya visi yang luas sebagai Gubernur ibukota negara. Tsl

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)

 

Tokoh Terkait: Ali Sadikin, | Kategori: Berita Tokoh – | Tags: tokoh, anugerah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here