Peluncuran Buku Biografi DR. Rudjito, Be An Optimist!

 
0
67
Peluncuran Buku Biografi DR. Rudjito, Be An Optimist!
Peluncuran Buku DR. Rudjito | Tokoh.ID

[BERITA TOKOH] – Buku Pelajaran dari Bankir Profesional – Buku otobiografi bankir ternama yang pernah menjadi Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (2000-2005), alm. DR. Rudjito berjudul “Be An Optimist!: Banyak Bekerja, Banyak Bicara, Banyak Hasilnya”, resmi diluncurkan pada Kamis, 28 Juli 2016 di Gedung BRI 1 Sudirman, Jakarta.

Buku karya B. Heri Yulianto ini bisa hadir berkat kerjasama antara Yayasan Harapan Mulya Insani (YAHMI), BRI beserta keluarga almarhum DR. Rudjito. Acara peluncuran sekaligus bedah buku dihadiri oleh rekan-rekan dan kerabat dekat almarhum seperti Ketua YAHMI Baridjussalam Hadi dan Dirut BRI Asmawi Syam. Sedangkan acara bedah buku diisi oleh Menteri Keuangan 1998 Fuad Bawazir, Krisna Wijaya serta Djoko Retnadi sebagai pembicara sekaligus moderator.

Putri pertama almarhum Rudjito, Eva Arisuci Rudjito menceritakan bahwa buku Be An Optimist! merupakan realisasi dari impian Sang Ayah yang ingin menceritakan pengalaman hidupnya lewat buku. Sebuah impian yang makin menyala tatkala Rudjito memasuki masa pensiun.

Dengan penuh bangga dan haru, Eva Arisuci Rudjito yang akrab dipanggil Uci ini menceritakan sebagian pengalaman yang tak terlupakan bersama ayahnya. Uci mengaku pernah marah dan kecewa dengan ayahnya. Saat mereka sedang liburan sekeluarga, sang ayah memutuskan meninggalkan mereka demi menghadiri acara di kantor. Sampai-sampai, Uci merasa, keluarga nomor satu ayahnya adalah BRI sedangkan keluarga di rumah selalu dinomorduakan.

Pengalaman lain yang tak terlupakan bagi Uci adalah tatkala ayahnya memutuskan untuk mengirimkan Uci bersaudara tinggal di New York, Amerika. Padahal saat itu mereka tidak tahu bahasa Inggris dan harus tinggal di sebuah tempat yang jauh dari tanah kelahiran. Keputusan ayahnya itu sempat membuat Uci bingung namun mau tidak mau tetap harus ia jalani. Belakangan setelah tumbuh dewasa dan menikah, Uci menyadari dan justru bersyukur dengan keputusan ayahnya itu. Pengalaman-pengalaman penuh haru lainnya juga disampaikan oleh rekan dan kerabat termasuk besan dari almarhum DR. Rudjito.

Sedangkan di mata rekan-rekan sejawatnya, Rudjito dinilai sebagai bankir profesional yang giat bekerja dan berdedikasi tinggi. Boleh dibilang, mereka semua sepakat bahwa Rudjito adalah sosok pemimpin/bankir yang tidak pernah mengeluh, banyak bicara dan banyak hasilnya. Hal ini diamini oleh Direktur Utama BRI, Asmawi Syam yang dalam acara ini turut memberikan kata sambutan, memberikan kesan dan pesan dalam bedah buku dan konferensi pers.

Menurut catatan TokohIndonesia.com, DR. Rudjito memberikan kontribusi yang sangat berharga saat menjadi Direktur Utama BRI, 2000-2005. Diantaranya, berhasil meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, BRI berhasil dinobatkan sebagai BUMN of The Year di tahun 2003 dan Rudjito berhasil membawa BRI go public. Hal lain yang perlu diingat saat Rudjito memimpin BRI adalah penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) terus ditingkatkan meski ekonomi sedang lesu.

Buku Be An Optimist! ini didukung oleh YAHMI, sebuah yayasan yang didirikan oleh DR. Rudjito bersama Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1990. YAHMI didirikan untuk merintis BPRS Harta Insan Karimah (HIK) pada 1993.

Selain mengenang jasa-jasa DR. Rudjito selama menjabat sebagai Direktur Utama Bank BRI dan menjadi sumber pembelajaran, buku terbitan Elex Media Komputindo ini juga mengajak pembaca untuk mengerti bahwa usaha yang keras dibarengi dengan akhlak budi pekerti yang baik dan tekun beribadah akan melahirkan sosok pemimpin yang jujur dan amanah. Berita TokohIndonesia.com | atur lorielcide

Tokoh Terkait: Rudjito, | Kategori: Berita Tokoh – Buku | Tags: Pemimpin, bankir, buku, BRI, otobiografi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here