Anak Petani dari Delanggu

[ Soemino Eko Saputro ]
 
0
504

04 | Pecinta Gatotkoco

Soemino Eko Saputro
Soemino Eko Saputro | TokohID

Di sudut-sudut tertentu di ruang kerja Dirjen Perkeretaan Ir Soemino, terpampang bebebera akronim wayang, satu di antaranya Gatotokoco putra Werkudoro (Bima). Menurut Soemino, wayang punya penger-tian amat tajam, juga merupakan budaya asli Indonesia, khususnya Jawa.

Kata Soemino, berbicara Gatotkoco banyak teladan yang dia berikan, misalnya memberi spirit. Kelahiran Gatotokoco sudah digembleng di kawah can-dradimuka dan dipersiapkan oleh para Dewa untuk mengatasi serbuan para raksasa yang menyerang orang-orang yang tidak bersalah. Setelah tumbuh dewasa Gatotkoco mampu mengalahkan para raksasa.

Gatotkoco yang memiliki otot kawat tulang besi dan bisa terbang serta sakti, ini bisa diartikan punya cita-cita tinggi dan spirit yang kuat dan mengasihi sesama. Sebagai seorang satria asli negara Amerta tokoh wayang satu ini, memiliki karakter terhadap tugas yang diembannya dan berjuang demi negara.

Banyak teladan yang bisa dipetik dari tokoh Gatotkoco. Tapi bila ada yang membuat imajinasi yang mengidentikkan tokoh Gatotkoco dengan Dirjen KA, kata Soemino, itu hanya sebuah kebetulan. Selain Gatotkoco, ada Bima, Kresna, Puntodewa dan tokoh-tokoh lain, satu sama lain memiliki karakter yang berbeda.

Bagi Soemino, persoalannya bagimana melakukan berbagai inovasi sesuai dengan tantangan kekinian dan antisipiasi perkem-bangan ke depan, melalui berbagai program. mti/crs-sh-ri

Data Singkat
Soemino Eko Saputro, Dirjen Perkeretaapian, Dephub (2005-2007) / Anak Petani dari Delanggu | Ensiklopedi | Dirut, Dephub, dirjen, staf ahli

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here