Pangkostrad ke-27

[ Bibit Waluyo ]
 
0
232
Bibit Waluyo
Bibit Waluyo | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Dia Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-27. Mantan Pangdam IV Diponegoro dan Pangdam Jaya, ini pensiun sejak 28 September 2004 dengan pangkat dan jabatan militer terakhir Letnan Jenderal TNI AD dan Pangkostrad. Dia digantikan Letjen TNI Hadi Waluyo.

Upacara sertijab digelar di lapangan terbuka Markas Kostrad, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, pukul 16.00 Rabu 3 November 2004. Upacara yang diwarnai hujan deras itu dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu yang sempat dirangkap jabatan Pangkostrad sejak Bibit Waluyo pensiun.

Sepanjang 1961 hingga 2004, jabatan Pangkostrad, antara lain, pernah disandang oleh Mayjen TNI Soeharto (1 Maret 1961-2 Desember 1965). Umar Wirahadikusumah, Kemal Idris, Makmun Murod, Himawan Soetanto, Wiyogo Atmodarminto, Rudini, Soeripto, Wiranto, Prabowo Subianto, Johny Lumintang, Djamari Chaniago, Djadja Suparman, Agus Wirahadikusumah, Ryamizard Ryacudu, Bibit Waluyo dan Hadi Waluyo.

Pensiun
Meski belum ada pejabat yang akan menggantikan, Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Bibit Waluyo menyerahkan tongkat jabatannya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Ryamizard Ryacudu, Selasa, 28 September 2004. Untuk sementara, jabatan itu diserahkan ke KSAD, sedangkan pelaksana tugas harian Pangksotrad dijalankan Kepala Staf Kostrad.

Ryamizard menolak anggapan bahwa serah terima jabatan (sertijab) Pangkostrad itu sebagai hal yang bernuansa politisyang berhubungan dengan pergantian presiden.

Menurut Ryamizard tidak langsung ditunjuknya pejabat baru untuk mengisi kekosongan posisi Pangkostrad atau tidak diperpanjangnya jabatan Letnan Jenderal Bibit Waluyo hanya masalah teknis. Bibit sudah pensiun sehingga tidak boleh diperpanjang.

Bibit Waluyo juga menyatakan hal senada. Dia membantah kosongnya jabatan Pangkostrad terkait dengan adanya rivalitas internal di tubuh TNI. Ia menyatakan, proses penyerahan tugas dan tanggung jawab Pangkostrad yang dilakukan dirinya pada KSAD Jenderal Ryamizard Ryacudu sah dan benar. tsl

Data Singkat
Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah (2008-2013) / Pangkostrad ke-27 | Ensiklopedi | TNI, Gubernur, angkatan darat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here