Presiden Berkepribadian Kuat

[ Megawati Soekarnoputri ]
 
0
399
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] PROLOG: Dia pemimpin berkelas dunia! Penerima penghargaan Long Time Achievement di bidang politik dariĀ  International Conference of Asian Political Parties -ICAPP (Desember 2010), ini juga pernah diposisikan Majalah Forbes(2004) sebagai perempuan kedelapan terkuat dunia. Dialah Ibu Reformasi Indonesia! Seorang pendiam berkepribadian emas. Presiden RI ke-5 ini teguh memegang prinsip, konsisten dan visioner. Dia seorang pejuang sekaligus simbol dan inspirasi reformasi.

Penulis: Ch. Robin Simanullang

Perjuangannya menegakkan demokrasi (ketika demokrasi terpasung) telah memicu keberanian tokoh-tokoh lainnya ikut dalam gerbong reformasi, yang kemudian melahirkan tokoh-tokoh dan pahlawan reformasi. Bahkan yang mengikut belakangan ada yang menyebut diri Bapak Reformasi. Jika jujur, harus diakui bahwa tanpa putri pertama Bung Karno, ini reformasi di negeri ini belum tentu terjadi. Dialah yang berani melakukan perlawanan ketika tokoh lain masih ‘tidur dan sembunyi’ bahkan masih ikut dalam kekuatan penguasa Orde Baru.

Pengakuan dunia bahwa Megawati Soekarnoputri seorang pemimpin berkelas dunia, tercermin dari posisinya sebagai salah seorang perempuan terkuat dunia. Sebagaimana dipublikasikan Majalah Forbes edisi 6 September 2004, Calon Presiden yang didukung Koalisi Kebangsaan (PDI-P, Partai Golkar, PPP dan PDS) pada Pemilu Presiden putaran kedua 20 September 2004, ini berada di posisi kedelapan dari 100 wanita terkuat dunia.
“Dia sejajar dengan perempuan pemimpin berkelas dunia lainnya, seperti Sonia Gandhi (India) urutan ketiga, Presiden Filipina Gloria Arroyo (9), Perdana Menteri Banglades Begum Khaleda Zia (14), Presiden Sri Lanka Chandrika Kumaratunga (44), pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi (45) dan Mantan Perdana Menteri Inggris Margareth Thatcher (21)”Dia sejajar dengan perempuan pemimpin berkelas dunia lainnya, seperti Sonia Gandhi (India) urutan ketiga, Presiden Filipina Gloria Arroyo (9), Perdana Menteri Banglades Begum Khaleda Zia (14), Presiden Sri Lanka Chandrika Kumaratunga (44), pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi (45) dan Mantan Perdana Menteri Inggris Margareth Thatcher (21).

Pengakuan ini menggambarkan realitas perjuangan dan kepemimpinan Megawati sangat kuat di mata dunia. Dia pemimpin berkelas dunia. Pengakuan dunia ini, jika mau jujur, sepatutnya mencelikkan mata, akal budi, hati dan nurani setiap orang (baik kawan maupun lawan politik) di dalam negeri, untuk melihat dan mengakui gerak perjuangan dan kepemimpinan Presiden Republik Indonesia kelima ini. Terutama sejak ia berani terjun ke dunia politik saat hak-hak politik di negeri ini terkekang.

Pengakuan dunia atas kepemimpinan Presiden RI Kelima dan Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri, itu juga tercermin dari penghargaan Long Time Achievement di bidang politik yang dianugerahkan oleh International Conference of Asian Political Parties (ICAPP). Penganugerahan penghargaan itu dilakukan pada sidang keenam General Assembly ICAPP di Phnom Penh, Kamboja, 3 Desember 2010. ICAPP diikuti oleh 85 partai politik yang berasal dari 35 negara lebih di Asia. [Sindo, 4 Desember 2010]

Megawati dipandang sebagai pemimpin politik yang kuat dan tangguh (tough and strong political leader) dari Indonesia yang sukses memimpin transisi demokrasi melalui pemilu presiden secara langsung, demokratis,dan aman. Penghargaan serupa juga diterima mantan Presiden Filipina Fidel Ramos. Pada sidang ICAPP itu, Megawati dalam sambutannya menegaskan Indonesia menjadi bukti bahwa demokrasi bisa hadir dan menjadi bagian dari transisi kepemimpinan secara demokratis dan damai. Menurut Megawati, itu semua tidak terlepas dari Pancasila dengan semangat kelahirannya pada 1 Juni 1945. Bio TokohIndonesia.com | crs

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here