Mantan Kepala Bakin

[ Zaini Azhar Maulani ]
 
0
120
Zaini Azhar Maulani
Zaini Azhar Maulani | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Mantan Kepala Bakin (Badan Koordinasi Intelijen Negara) era Presiden Habibie, Letjen (Purn) Zaini Azhar Maulani, meninggal dunia Selasa 5 April 2005 pukul 16.20, di RSPAD Gatot Soebroto. Pria kelahiran Marabahan, Baritokuala, Kalimantan Selatan, 6 Januari 1939, itu meninggalkan seorang istri, Retno Inten, dan enam anak.

Maulani meninggal setelah dirawat di ruang intensive care unit akibat penyakit kanker paru-paru dan diabetes. Dia sudah dirawat di RS itu sejak Januari 2005 dan sudah tiga kali dirawat di ruang ICU. Jenazah disemayamkan di rumah duka RSPAD dan dimakamkan 6 April 2005 di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Alumni Akademi Militer Nasional (1961) ini menjabat Kepala Bakin September 1998 hingga 20 November 1999. Dia juga pernah menjabat sebagai Asisten Presiden Bidang Politik Keamanan pada masa pemerintahan Presiden BJ Habibie.

Karier Maulani lebih banyak di dunia militer. Dia mengawali karier sebagai Komandan Peleton, Kompi I, Yon 145/Sriwijaya, kemudian menjadi Atase Militer RI di London, dan Pangdam VI/Tanjungpura (1988).

Setelah itu, Maulani dipercaya menjabat Sekjen Departemen Transmigrasi (1991), dan menjadi Kabakin mulai 16 September 1998 menggantikan Letjen Muthojib melalui Keppres No 80/1998 semasa pemerintahan Presiden BJ Habibie.

Dalam dunia organisasi massa (ormas), dia juga pernah menjabat ketua umum Keluarga Alumni Pelajar Islam Indonesia (PII). Dia memang tampak sangat dekat dengan para tokoh Islam di Indonesia. Terlihat dari aktivitasnya yang sering hadir di sejumlah acara yang digelar ormas-ormas Islam. atur

Data Singkat
Zaini Azhar Maulani, KABAKIN (1998 -1999) / Mantan Kepala Bakin | Direktori | Pangdam, sekjen, KABAKIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here