Pembelajar Berpikir Sistem

[ Jujun S Suriasumantri ]
 
0
100
Jujun S Suriasumantri
Jujun S Suriasumantri | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Dosen mata kuliah Filsafat Ilmu dan Berpikir Sistem (System Thinking) pada Fakultas Pasca-Sarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), ini dikenal juga sebagai ahli perencanaan pendidikan. Mantan Pembantu Rektor I IKlP Jakarta (UNJ) ini terbilang kreatif menulis. Bukunya, Ilmu dalam Perspektif, dan System Thinking sangat diminati banyak pembaca.

Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 9 April 1940, ini akrab dipanggil Yuyun. Suami dari Nina Dachliana dan ayah dari Donni Iqbal, ini memperoleh gelar doktor bidang perencanaan pendidikannya dari Universitas Harvard, AS, dengan disertasi: The Utilities of PPBS and Organization Development for Educational Development Planning (1975).

Gelar doktor itu diraihnya enam tahun setelah menyelesaikan pendidikan S1 dari IPB Bogor (1969). Putera sulung dari tujuh bersaudara ini menikmati masa kecil dan remajanya di Bandung. Di kota Kembang ini dia menyelesaikan pendidikan SD (1952), SMP (1955) dan SMA (1958).

Saat mahasiswa, dia aktif sebagai seorang aktivis kampus. Ketika Bung Karno meraih gelar Honons Causa dari UI, awal 1960-an, Jujun tampil sebagai dirigen Orkes Simfoni IPB membawakan Barcarolle ciptaan J. Offenbach. Namun beberapa tahun kemudian, ia turut memimpin mahasiswa ke DPRGR menuntut turunnya Soekarno dari kursi kepresidenan.

Mantan Pembantu Rektor I IKIP Jakarta (1984), Ketua Program Doktor IKIP Jakarta (1983) dan Pembantu Dekan I Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta (1980), ini juga mengajar di Dosen Seskoal (1981) dan Lemhanas (1982). tsl

Data Singkat
Jujun S Suriasumantri, Dosen / Pembelajar Berpikir Sistem | Direktori | IPB, Dosen, Lemhannas, Universitas Harvard, IKIP

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here