Eksis di Musik Jazz

[ Andien ]
 
0
50
Andien
Andien | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Sejak terjun di dunia tarik suara hingga sekarang, ia tetap mengusung aliran musik jazz.

Musik jazz yang selama ini di Indonesia identik dengan musik yang hanya digemari kalangan tertentu berubah setelah kehadiran penyanyi Andien. Sejak kemunculannya pertama kali sebagai penyanyi muda yang mengusung jazz sebagai aliran musiknya, perempuan kelahiran Jakarta, 25 Agustus 1985 ini dengan sendirinya menepis anggapan selama ini.

Andien yang mempunyai nama lengkap Andini Aisyah Hariadi ini sudah mengasah talentanya di bidang tarik suara sejak usia tiga tahun. Bakat tersebut terus dibinanya hingga memasuki usia sekolah.

Saat duduk di bangku kelas tiga SD, dia telah mengikuti sejumlah festival musik. Salah satu kompetisi olah vokal yang dijuarainya adalah Asia Bagus Weekly. Tak tanggung-tanggung, tiga kali berturut-turut, Andien berhasil keluar sebagai pemenang ajang yang telah melahirkan banyak penyanyi berbakat itu.

Putri pasangan Didiek Hariadi dan Henny Sri Hardini ini kemudian semakin menekuni kegiatan bermusiknya berkat dorongan dari sang ibu. Ia pun mengikuti pendidikan musik di EMS (Elfa Music Studio) pimpinan Elfa Secioria.

Pada Februari tahun 2000, Andien akhirnya berhasil merilis album perdananya yang diberi judul Bisikan Hati. Debut album pertamanya itu sekaligus menandai karier Andien sebagai penyanyi profesional. Dengan mengusung jazz sebagai ciri khasnya, album tersebut cukup mendapat tempat di hati penikmat musik Tanah Air dengan angka penjualan yang mencapai lebih dari 30.000 copy.

Kemampuannya bernyanyi itu juga diganjar dengan sejumlah penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional, di antaranya sebagai Penyanyi Jazz Terbaik AMI Awards dan sebagai Penyanyi Pendatang Baru Wanita Terbaik, anugrah Planet Muzik Singapura.

Dua tahun kemudian, anak sulung dari tiga bersaudara ini kembali meramaikan blantika musik Indonesia dengan alunan merdu suara jazzy-nya yang dimuat pada album keduanya, Kinanti. Album keduanya itu juga berhasil meraih penghargaan sebagai Album Jazz Terbaik AMI Awards 2002. Pada tahun 2005, ia kembali meluncurkan album berikutnya yang diberi judul Gemintang.

Setelah itu, Andien memilih untuk rehat sementara waktu dari panggung hiburan untuk berkonsentrasi pada kuliahnya. Setelah berhasil meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia, ia pun memutuskan untuk kembali terjun ke dunia musik jazz yang telah membesarkannya.

Jika sebelumnya publik mengenal Andien sebagai solois, di tahun 2008 ia membuat gebrakan baru dengan bergabung dengan empat penyanyi wanita lainnya yang terbilang senior, yakni Nina Tamam, Iga Mawarni, Yuni Shara, dan Rika Roeslan. Kelima wanita bersuara emas itu pun kemudian membentuk kelompok vokal dengan nama 5 Wanita.

Menurut alumni SMA Al Izhar ini, 5 Wanita bukan sekadar kelompok vokal yang hanya menyanyi dan manggung atau rekaman untuk mendapatkan uang. Lebih dari itu, grup vokal tersebut mempunyai misi mulia, yakni menjadikan lagu dan menyanyi sebagai sarana untuk mengampanyekan pemberdayaan perempuan, terutama soal kesehatan. Jika seandainya ada hasil manggung, uang itu akan disumbangkan untuk wanita-wanita lain yang membutuhkan.

“Menurut saya, 5 Wanita merupakan sebuah proyek, di mana lima karakter wanita yang berbeda disatukan. Masing-masing di antaranya memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Tapi saya sangat senang bisa kerja bareng dengan Mbak Iga Mawarni, Rieka Roslan, Yuni Shara dan Nina Tamam,” ujar Andien menanggapi kesertaannya di grup 5 Wanita tersebut.

Pengalaman dan pengamatan 5 Wanita itu menurut gadis yang gemar membaca buku sastra ini, menjadi motivasi dalam menyusun semacam program kerja yang mereka istilahkan ‘Langkah Wanita’. Salah satunya adalah cek kesehatan gratis, yang berhubungan dengan alat reproduksi wanita ke daerah-daerah.

Tentu saja kegiatannya tidak selalu serius. Namun 5 Wanita ini tetap berjalan sesuai konsep awal mereka, yakni menyanyi. Selain mengusung isu-isu perempuan, 5 Wanita juga tak meninggalkan budaya yang menjadi ciri khas Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengenakan batik ketika manggung.

Kembalinya Andien ke panggung hiburan tidak berhenti pada proyek 5 Wanita saja. Pemilik hits Sahabat Sejati ini, dalam waktu dekat juga berencana merilis album baru. e-ti | muli, red

Data Singkat
Andien, Penyanyi / Eksis di Musik Jazz | Selebriti | Penyanyi, jazz, cantik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here