Adang Tawarkan Reformasi Birokrasi

 
0
37

Adang Tawarkan Reformasi Birokrasi

[BERITA TOKOH] – – Jakarta, Kompas 5 Juni 2007:  Calon Gubernur DKI Jakarta, Adang Daradjatun, menawarkan reformasi birokrasi di tiga sektor untuk mengatasi masalah pengangguran, banjir, dan memperbaiki kualitas pendidikan. Sasaran reformasi, selain mengubah cara pandang dan pola berpikir kalangan birokrasi, juga mengubah sistem, mekanisme, dan tanggung jawab tiga kepala dinas yang terkait dengan bidang itu.

Adang juga berniat mengubah pola hubungan birokrasi dengan DPRD, yang sampai sekarang masih diwarnai persekongkolan kepentingan. Persekongkolan itu sering kali tak memihak kepentingan publik.

Adang menyampaikan hal itu saat bertandang ke harian Kompas, Senin (4/6). “Sebenarnya ada lima sektor. Dua sektor lain adalah transportasi dan kesehatan,” papar calon yang disandingkan dengan calon Wakil Gubernur Dani Anwar. Pasangan ini diusung Partai Keadilan Sejahtera.

Adang mengatakan, jika ia terpilih, secara umum akan mengadakan perampingan birokrasi dan penempatan kepala dinas yang tepat di bidangnya, terutama di lima bidang yang akan jadi sasaran reformasi birokrasi.

“Untuk lima kepala dinas yang menjadi prioritas, saya cukup panggil dia. Beri batas waktu penyelesaian kasus secukupnya. Kalau gagal, minggir,” ucapnya.

Tentang mengurangi jumlah penganggur di Jakarta, Adang mengusulkan untuk memusatkan perhatian program balai latihan kerja (BLK) pada dua hal, yaitu pengembangan pariwisata dan ekonomi mikro. Materi pendidikan dan latihan di BLK pun harus diubah. Kalau sekarang perbandingan antara mata pelajaran yang nonketerampilan dan yang keterampilan 70 : 30, nanti harus diubah menjadi sebaliknya, 30 : 70.

Adang menawarkan, untuk pengembangan pariwisata, BLK sebaiknya memberi pelatihan yang lebih realistis dan sederhana, seperti belajar bahasa Inggris, bagaimana merapikan seprai, serta membuat kloset menjadi bersih dan wangi.

“Saya juga tak antitempat hiburan malam. Tempat hiburan itu bagian dari pariwisata. Jadi, tak masuk akal jika muncul kekhawatiran, jika saya terpilih, semua tempat hiburan malam bakal ditutup,” katanya.

Soal pengembangan ekonomi mikro, ia akan menerapkan kerja sama dengan bank syariah dalam konteks bagi hasil. (win)

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)

 

Tokoh Terkait: Adang Daradjatun, | Kategori: Berita Tokoh – | Tags: Gubernur, Balon

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here